Pengurus Vihara Dhamma Sundara Mulai Mempersiapkan Tempat Ibadah

Pengurus Vihara Dhamma Sundara Mulai Mempersiapkan Tempat Ibadah.

KBRN Surakarta: Pengurus Vihara Dhamma Sundara yang berlokasi di Pucangsawit, Jebres, Surakarta, Jumat (13/5/2022) mulai mempersiapkan tempat ibadah untuk menyambut perayaan Waisak 2566 BE / 2022. Sejumlah umat Buddha dari pantauan RRI melakukan pembersihan halaman, perbaikan altar hingga candi. 

Admin Vihara Dhamma Sundara, Abelia Gigih Saputri menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan umbul-umbul candi dan dana pelita bagi umat yang akan berbagi. Kegiatan persiapan ini juga diikuti oleh beberapa anak-anak Vihara. Untuk pemasangan perlengkapan di altar, akan dimulai pada hari Minggu (15/05).

"Saat ini mempersiapkan umbul-umbul di candi dan mempersiapkan dana pelita bagi yang mau berbagi. Kalo pembersihan ini kita mengundang tukang, kemudian juga anak vihara. Terus untuk umbul2 dan persiapan pelita itu anak-anak vihara semua," terang Abel.

Belia menyampaikan jika perbaikan candi sudah dimulai sejak tiga pekan yang lalu. Selain itu, untuk acara detik-detik Waisak pada hari Senin (16/05) pukul 11:13 WIB, akan dilakukan pradaksina dengan memutari candi selama 3 kali. Akan tetapi, karena dilakukan siang hari, maka kegiatan memutari candi akan dilakukan di dalam gedung vihara dengan memutari altar.

"Kalo candinya ini direnovasi dah lama sejak 3 minggu lalu. Tahun kemarin ada, tapi detik-detiknya sore, jam 18:13. itu ada acaranya di plataran candi. tapi besok kan jam 11, jadi acaranya di dalam," jelasnya.

Untuk peserta ibadah perayaan Trisuci Waisak hanya sekitar kota Surakarta dengan jumlah terbatas. Sebab, saat ini di setiap vihara-vihara kecil sudah mulai menyelenggarakan perayaan sendiri. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar