Kunjungi Solo, Wakil Walikota Tangsel Ingin Adopsi Pembangunan Berbasis Budaya

Wakil Walikota Tangerang Selatan

KBRN, Surakarta: Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, Pilar Saga Ichsan, mengunjungi Kota Solo, Kamis (27/1/2022) bersama rombongan. Dalam kunjungannya di Balaikota Surakarta, Pilar mengapresiasi pembangunan Kota yang mengedepankan nilai-nilai budaya lokal.

"Surakarta ini banyak sekali yang harus kita pelajari bagaimana membangun sebuah kota dengan nilai budaya yang sangat khas," ungkapnya saat memberikan sambutan di Balai Kota, Kamis (27/1/2022).

Dirinya bersama jajaran Pemerintah Kota Tangsel ingin mengadopsi tata kelola perkotaan untuk mengembangkan sektor pariwisata yang berbasiskan budaya.

"Saya melihat di Surakarta ini banyak pembangunan strategis dan itu kita pengen dengar seperti transportasi umum. Di Surakarta ini yang kami amati bagaimana mengembangkan pariwisata berbasiskan budaya," jelasnya.

Selain itu, Pilar Saga juga ingin mempelajari pembangunan strategis kota untuk mengembangkan wisata edukasi. Sehingga dapat sukses dan dikenal hingga nasional.

"Memang kita sedang mengembangkan di Tangerang Selatan dan mempelajari bagaimana Ngarsopuro ini bisa menjadi sukses bahkan sampai nasional. Jadi mudah-mudahan dengan program ini bertukar pikiran, ada pengalaman yang dapat kami bawa untuk Tangerang Selatan," paparnya.

Sementara Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa mengatakan dalam pembangunan kota lebih mengutamakan tindakan persuasif tanpa kekerasan. Meski dengan konsekuensi prosesnya agak lama, karena harus melakukan pendekatan dengan masyarakat yang beragam latar belakang budaya.

"Seluruh penataan pembangunan di Kota Surakarta memang berbasiskan persuasif tanpa kekerasan. Memang prosesnya agak lama, karena kita itu kuota yang beragam walaupun budayanya sama," jelas Teguh.

Terlebih dengan adanya keraton yang menjadi daya tarik wisata utama, menjadikan kuatnya pembangunan berbasis budaya di Kota Surakarta.

"Tetapi ada pernik-pernik yang membedakan termasuk di Kota Surakarta ini ada Keraton dan juga Mangkunegaran. Ini yang menjadikan kuatnya budaya di Kota Surakarta," jelasnya.

Teguh mengatakan dengan menonjolkan budaya lokal, akan mendatangkan wisatawan yang berdampak pada pemilihan perekonomian masyarakat.

"Kita menekankan pada budaya sehingga dapat mendatangkan pariwisata itu yang kita kerjakan," ungkapnya.

Kunjungan kerja Wakil Walikota Tangerang Selatan bersama jajaran ke kota Surakarta berlangsung dalam suasana penuh keakraban di Bale Tawang Arum Kompleks Balaikota Surakarta. (Ase/mul)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar