Kwarcab Sukoharjo Gelar Pesta Siaga 2022

KBRN Sukoharjo : Sebanyak 24 barung putra dan putri perwakilan kwartir ranting se-Kabupaten Sukoharjo mengikuti Pesta Siaga tahun 2022, Kamis (27/1/2022. Kegiatan yang digelar Kwarcab Sukoharjo tersebut bertempat di SMPN 1 Bendosari. Pesta Siaga tersebut dibuka oleh Ketua Kwarcab Sukoharjo, Drs. Agus Santosa yang juga Wakil Bupati Sukoharjo.

“Pesta Siaga adalah kegiatan pertemuan antar pramuka untuk golongan siaga. Sifat dari kegiatan siaga harus rekreatif, bersenang-senang, riang gembiran, dan sesuai perkembangan rohani dan jasmana peserta didik usia siaga,” terang Agus membacakan sambutan Ketua Mabi Cabang, Etik Suryani,.

Menurut Agus, para peserta bisa menyajikan dan merealisasikan kegiatan-kegiatan yang positif dan inovatif untuk kemajuan kualitas Gerakan Pramuka Indonesia khususnya pada peserta didik golongan siaga. “Marilah kita berikan kesan yang menyenangkan sekaligus mendidik karena anak-anak kita sudah rindu kegiatan kepramukaan yang telah lama beku dan kurang aktif karena dampak pandemi corona,” ujar Agus.

Agus juga mengatakan, pertemuan sesama pramuka dapat memberikan berbagai macam fungsi untuk anggotanya. Antara lain memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk mengikuti latihan rutin pramuka setiap minggu, menjadi wadah berbagi pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan antar sesasa anggota pramuka, serta sebagai bahan penilaian dari kegiatan dan kecakapan peserta didik.

“Nikmati pesta siaga ini dengan ceria, riang gembiran, dan bersenang-senang. Jangan mudah lelah dan menyerah, ikutilah berbagai kegiatan lomba yang menarik dan menantang dalam kegiatan ini untuk mengasah pengetahuan dan kecakapan,” pesan Agus.

Sedangkan Ketua Panitia, Sakirno, mengatakan bawah kegiatan tersebut bertujuan sebagai wahana pertemuan pramuka siaga untuk menambah persaudaraan, pengetahuan, keterampilan, patriotisme dalam wadah satu kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif, dan produktif.

Sakirno melanjutkan, dalam pesta siaga tersebut masing-masing kwartir ranting mengirimkan 10 anak. Kegiatan dilakukan dalam taman meliputi taqwa kepada Tuhan YME, kerapian berpakaian, kemampuan indra manusia, scouting skill, dan bela negara. Selain itu, juga darts game, pentas budaya, Jateng gayeng, bumbung kemanusiaan, dan kebersihan lingkungan.

“Barung tergiat satu putra dan putri dalam Pesta Siaga ini akan mewakili Kwarcab Sukoharjo maju ke tingkat Binwil Surakarta yang akan dilaksanakan bulan Maret 3022 di Kota Solo,” ujar Sakirno. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar