Apel Besar Zero Knalpot Brong Jawa Tengah Digelar di Wonogiri

KBRN Wonogiri : Apel besar tertib berlalu lintas dalam rangka Jawa tengah zero knalpot brong dipusatkan di halaman GOR Girimandala Wonogiri, Minggu (23/01/2002).

Dalam apel besar yang dipimpin Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho, tersebut juga dibacakan ikrar tertib berlalu lintas zero knalpot brong dan penyematan pin serta pelepasan balon udara.

Terkait knalpot brong, dikatakan Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, keberadaannya sangat meresahkan. Kepada komunitas otomotif, agar dapat menyampaikannya kepada keluarga dan masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

“Dengan upaya preventif tersebut kami berharap tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat,” katanya Dirlantas.

Dipilihnya kabupaten wonogiri sebagai lokasi pencanangan Jawa Tengah zero kanlpot brong lantaran Polres Wonogiri jauh hari juga sudah mendeklarasikan diri diri bebas knalpot brong.

“ Kenapa pencanangan zero knalpot brong dipusatkan di Wonogiri, karena Polres Wonogiri sudah mendekrasikan bebas knalpot brong. Semoga menjadi contoh diikuti kabupaten lain,” ujarnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan pihaknya mengutamakan tindakan preventif dan preemtif dalam usaha menciptakan zero knalpot brong di Wonogiri.

“Pengendara yang menggunakan knalpot brong juga diminta untuk dilepas dan diganti yang standar. Jika tidak maka bila terkena razia harus menanggung resiko sesuai dengan perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Lebih Lanjut dikatakan sejak adanya instruksi langsung dari kapolda Jawa Tengah terkait larangan knalpot brog, jajaran Satlantas Polres Wonogiri sudah menyita seratusan knalpot brong dari berbagai ukuran kendaraan roda dua.

“ Kami berencana, knalpot brong itu bisa saja dipotong, bisa saja dibikin patung atau monumen yang terbuat dari knalpot brong sebagai peringatan bahwa knalpot brong melanggar ketentuan,” tukasnya. (Edwi) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar