Seribu Bibit Pohon Ditanam di Bantaran Sungai Bengawan Solo Guna Atasi Banjir

FX Hadi Rudyatmo beserta kader PDIP
Kader PDIP menanam pohon di bantaran Bengawan Solo

KBRN, Surakarta: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kota Surakarta, (23/1) menanam 1.000 bibit pohon di sepanjang bantaran sungai Bengawan solo. Kegiatan penanaman pohon serentak tersebut dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT partai ke-49.

Ketua DPC PDI Perjuangan kota Surakarta, Fx. Hadi Rudyatmo menyampaikan, penanaman pohon di bantaran sungai Bengawan solo sepanjang berkisar 1 kilometer.

"Ditanam di sepanjang sungai Bengawan Solo sekitar 1 km. Sebenarnya itu kurang kalau seribu, biarpun sudah banyak yang kita rawat, terus kita tambah lagi," jelas Rudi saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (23/1/2022).

Rudy menjelaskan seribu pohon bersumber dari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan penanaman difokuskan di taman Sunan Jogo Kali Pucangsawit.

"Kita fokuskan di sini karena kita sering menanam pohon di sini dan inditamannya sudah jadi dan paling tidak keprabon juga ikut menata sungai. Kemarin kita bekerjasama dengan CSR," terangnya.

Mantan walikota Surakarta tersebut menegaskan selain mengantisipasi banjir, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendidik generasi muda agar mencintai bumi dan air.

"Ketika bumi ini ditanami pohon air itu akan diserap oleh pohon, sehingga persediaan air tanah akan semakin bagus," harapnya.

Sementara itu, wakil walikota Surakarta, Teguh Prakosa saat menghadiri kegiatan tersebut mendukung aksi tanam pohon di bantaran sungai. Teguh menilai penanaman pohon dapat melestarikan alam dan mewujudkan kembali lestari seperti puluhan tahun yang lalu.

"Artinya tiap tahun itu momen-momen kegiatan partai harus diisi dengan lingkungan hidup, mencintai alam dan sebagainya. Tujuannya adalah bagaimana melestarikan alam agar kembali seperti 10 atau 20 tahun yang lalu," jelas Teguh.

Selain itu sesuai dengan instruksi presiden agar pada event G20 mendatang, Indonesia dapat menunjukkan pada dunia bahwa berkomitmen pada pelestarian lingkungan hidup.

"karena di sana presiden menyampaikan bahwa besok akan ditunjukkan pada dunia pada waktu g20 bahwa Indonesia komitmen untuk lingkungan hidup khususnya mangrove di pantai pantai di seluruh Indonesia," jelasnya.

Jenis pohon yang ditanam diantaranya Kayu Putih, rambutan, jambu air, sirsak dan alpukat. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar