Bupati Sukoharjo Resmikan BUMDes Desa Toriyo Bendosari

KBRN Sukoharjo : Bupati Sukoharjo, Etik Suryani,  meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Semar Kridho Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Jumat (21/1/2022).

Selama ini, Pemkab Sukoharjo memang mendorong setiap desa memiliki badan usaha sendiri untuk menggali potensi masing-masing. BUMDes tersebut bisa bergerak di berbagai bidang yang ada menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki.

“BUMDes diharapkan mampu meningkatkan perekonomian desa dan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Hal itu akan tercapai jika BUMDes dikelola dengan baik dan profesional,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, eksistensi BUMDEs sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah desa memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.

Menurutnya, keberadaan BUMDes diyakini dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUMDes, akan menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan.

Dikatakan Bupati, pendirian dan pengelolaan BUMDes adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, dan akuntabel.

Untuk itu, perlu adanya upaya yang serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional.

Pertumbuhan ekpnomi, ujar Bupati, harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan.

Tentu, harapannya pertumbuhan BUMDes harus mampu menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itulah yang disebut dengan ekonomi kerakyatan.

Kawasan usaha BUMDes akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah. Selaku Kepala Daerah, Bupati sangat mengapresiasi dengan pendirian BUMDes Semar Kridho tersebut. Bupati berharap dengan pendirian BUMDes tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitarnya dan meningkatkan perekonomian bagi desa.

“Saya yakin, jika dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional, BUMDes ini akan maju pesat. Saya harap BUMDes Semar Kridho bakal memacu geliat ekonomi masyarakat dan menghargai produk lokal sebagai potensi yang harus dikembangkan,” tambah Bupati. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar