Mantan Buruh PT Sari Plastik Grogol Akhirnya Sepakati Pesangon

KBRN Sukoharjo : Kasus pesangon buruh PT Sari Plastik/PT Persada Mandiri Kecamatan Grogol Sukoharjo akhirnya mencapai titik temu.

Sebanyak enam orang buruh yang terkena PHK akhirnya sepakat bahwa nilai pesangon setelah mengadu ke DPRD Sukoharjo.

Nilai pesangon itu sebetulnya belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kendati demikian, keenam buruh itu memilih menerima dibandingkan melanjutkan kasus ke perselisihan hubungan industrial.

Usai pertemuan bersama Komisi IV dan perwakilan PT Sari Plastik serta Dispenaker, Koordinator buruh, Dwi Purwanti, menyampaikan jika sudah ada solusi terkait dengan persoalan dan tuntutan mereka mengenai pesangon sebesar 30 juta.  

“ Ya, nilai pesangon tersebut kami terima dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah jika kasus dibawa ke Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial maka akan membutuhkan waktu yang panjang,” ujar Dwi kepada wartawan, Kamis (20/01/2022).

Sementara itu, kepala Dispenaker Pemkab Sukoharjo Agustinus Setiyono mengaku lega bahwa persoalan pihak perusahaan dengan enam buruh sudah mencapai kata sepakat.

“ Alhamdulilah, pertemuan membuahkan hasil. Nilai nominal 30 juta  hanya beda tipis dengan tuntutan sebesar 46 juta,” ujarnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Sukoharjo, Sukardi Budi Martono, menyatakan siap memantau kasus tersebut karena pembayaran pesangon paling lambat 30 hari ke depan.

“ Kami berharap pihak perusahaan tidak ingkar janji, sehingga pesangon yang dijanjikan itu dapat dibayarkan secepatnya,” tukas politisi asal PDIP itu. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar