Jalan Penghubung Desa Lanjaran dan Sanggup Tamansari Boyolali Longsor

KBRN Boyolali : Jalan desa penghubung antara Desa Lanjaran dan Desa Sanggup di lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Sanggup, Kecamatan Tamansari, Boyolali longsor setelah diguyur hujan pada Sabtu (16/2/2022) malam.

Kejadian tebing longsor setinggi 21 meter dan panjang 25 meter tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, warga tidak dapat melintas di jalur tersebut akibat tertutup tanah sekitar 5 meter.

Kejadian tebing longsor tersebut diketahui warga Desa Lanjaran, pada Minggu (16/1/2022) pagi sekitar pukul 06,00 WIB.

Warga Desa Lanjaran Sutomo, (32) mengatakan, jalan alternatif penghubung dua desa yakni, Desa Sanggup dan Lanjaran ini sering mengalami longsor.

"Ya,  longsor ini diketahui warga pada saat Minggu paginya.  Kemungkinan longsornya malam.  Sebab, pada malam harinya di desa sini diguyur hujan deras, " katanya saat ditemui solotrust.com,Senin (17/1/2022) pagi.

Sementara itu, Srihono Kasi Trantib Kecamatan Tamansari, mengatakan, setelah terjadi tebing longsor warga bersama BPBD, pihak kepolisian, TNI dan relawan Senin (17/1/2022) pagi melakukan pembukaan jalur penghubung Desa Sanggup dan Lanjaran.

"Tadi dimulai pukul 07.00 WIB warga ,relawan,TNI,Polri serta BPBD Boyolali melakukan pembukaan jalur yang menutup jalan.  Tumpukan tanah yang menutupi jalur," katanya.

Dia mengatakan, pembukaan jalur tersebut dilakukan dengan alat berat.  Sehab, apabila pembukaan jalur dengan tenaga manual oleh warga akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Ya, pembukaan ini dilakukan dengan alat berat dan di bantu masyarakat, TNI, Polri dan relawan. Tumpukan longsoran kurang lebih 5 meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” pungkasnya. (Kisno/EP)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar