Gusti Bhre Bertemu Walikota Gibran di Balaikota, Bahas Suksesi MN X?

GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo (Kiri) bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming (kanan).

KBRN, Surakarta: Putra bungsu almarhum Mangkunegara IX GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantornya, Rabu (8/11/2021). Pertemuan dua 'pangeran' itu dikabarkan membahas perihal suksesi Mangkunegaran (MN X).

Keduanya melakukan pembicaraan di ruang kerja Gibran lebih dari satu jam. Usai melakukan pertemuan dengan Gibran, GPH Bhre menyampaikan, tujuan dari kedatangannya di Balaikota. 

"(Pertemuan) silaturahmi aja maksi (makan siang) bareng," ujarnya kepada wartawan.

Bhre menampik jika kedatangannya tersebut berkaitan dengan suksesi Mangkunegaran X. Dia juga meminta agar masalah suksesi tidak perlu ditanyakan lagi. 

"Tidak ada (pembicaraan suksesi). Jangan bahas yang itu (suksesi) kami bahas pribadi saja, yang terjadi saat ini," kata Bhre.

Disinggung mengenai agenda yang dibicarakan apakah berkaitan dengan kerja sama antara Pemkot dan Mangkunegaran, Bhre mengaku untuk saat ini belum ada pembahasan kerjasama. Pihaknya bertemu putra Sulung Presiden Jokowi hanya ngobrol saja.

"Belum ada diskusi soal itu (kerja sama). Soal Mangkunegaran, masih pembicaraan awal, maksi bareng, ngobrol-ngobrol," urainya. 

Sedangkan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bahwa pertemuannya hanyalah makan siang bersama dan tidak ada yang istimewa. 

"Gusti Bhre sibuk, dah besok lagi. Maksi aja enggak ada yang spesial," kata Gibran. 

Gibran membeberkan pertemuan dengan kandidat kuat suksesi MN X itu membahas rencana penataan Koridor Ngarsopuro dan Gatot Subroto yang bersinggungan langsung dengan Pura Mangkunegaran. Pihaknya berkoordinasi dengan wakil dari Mangkunegaran yang tak lain putra mahkota Mangkunegaran IX.

Untuk diketahui, suksesi Mangkunegaran sampai saat belum ada kepastian meskipun KGPAA Mangkunegara IX telah surut lebih dari 100 harinya.

Setidaknya ada tiga nama yang mencuat menjadi KGPAA Mangkunegara X, diantaranya GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dan KRMH Roy Rahajasa Yamin. Roy Yamin juga termasuk tokoh yang kuat karena cucu dari MN VIII. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar