Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Adakan Bedah Buku Biografi Marsekal Hadi Tjahjanto

.

KBRN, Surakarta: Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakartamenggelar bedah buku Marsekal Hadi Tjahjanto Merangkul Arus Perubahan karya Eddy Suprapto secara hybrid pada Rabu (8/12/2021). Buku ini berisi tentang biografi Marsekal Hadi Tjahjanto, sewaktu bertugas menjadi Panglima TNI Rebuplik Indonesia (RI). 

Selain Eddy Suprapto selaku penulis, Kolonel Wahyu Tjahjadi, adik kandung dari Marsekal Hadi Tjahjanto dan Prof. Warto, M. Hum, Dekan FIB hadir dalam forum ini sebagai narasumber.  

Dr. M. Bagus Sekar Alam, Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB sebagai moderator menuntun Eddy Suprapto menjabarkan isi serta maksud pada buku yang memiliki 274 halaman ini."Suatu waktu beliau (Marsekal Hadi) menelfon saya untuk kembali meramu biografinya dalam sebuah buku, tanpa waktu lama saya segera menyetujuinya. Menurut saya dan mungkin ini dapat menjadi pemahaman kita semua, dalam buku ini menyusun puzzle sejarah kemajuan bangsa," tutur Eddy. 

Sementara itu, Kolonel Wahyu Tjahjadi, juga bercerita tentang pribadi kakak kandungnya yang tegas dan gigih belajar. Selain hal tersebut dia juga menyinggung bahwa  tugas TNI ada dua yaitu Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). "OMSP kami saat ini yang paling kentara adalah mengatasi pandemi Covid-19," jelasnya. 

Buku lebih elegan jika dibahas dari berbagai sudut pandang, "Merangkul Arus Perubahan" juga dibahas sesuai perspektif akademik oleh Prof. Warto. Menurut beliau, buku ini dapat merajut sifat tegas dan berintegritas. "Buku ini dikerjakan dengan serius oleh tim yang dekat dengan beliau. Menurut bukti empirik Pak Hadi hadir sebagai pemimpin yang sedikit bicara dan banyak kerja,” ujar Prof. Warto.

Buku ini bukan hanya berisi tentang biografi, namun didalamnya terdapat bukti-bukti sejarah keberhasilan perjuangan dan data detail bagaimana Marsekal Hadi Tjahjanto meraihnya. Buku ini menyiratkan bahwa arus perubahan layaknya dirangkul dengan tegas dan memiliki integritas demi memajukan peradaban. (Hum UNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar