Dekranasda Kabupaten Sukoharjo Periode 2021-2026 Dikukuhkan

KBRN Sukoharjo : Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan Wakil Bupati, Agus Santosa menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sukoharjo periode 2021-2026.

Pengukuhan dilakukan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (07/12/2021) dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Sukoharjo, Loeh Dyah Sintorini yang merupakan istri wakil bupati.

“Dekranasda sebagai lembaga nirlaba adalah mitra pemerintah dalam menghimpun para pecinta, peminat, dan penggiat kerajinan serta mengembangkan sektor kerajinan yang mayoritas merupakan usaha produktif bagi Usaha Kecil Mikro (UKM),” ujar Bupati dalam sambutannya.

Bupati melanjutkan, tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina, dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam menghadapi era pasar digital saat ini, Bupati yakin pengrajin di Kabupaten Sukoharjo telah siap dan mampu menghadapi perubahan. Seperti industri batik, lurik, rotan, gitar, dan kerajinan-kerajinan lain yang sudah dikenal secara nasional, bahkan internasional termasuk industri makanan olahan.

“Namun demikian, kita tidak boleh lengah dalam perdagangan global tersebut. Kita tetap perlu terus belajar untuk berinovasi dan berkreasi agar menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing,” pesan Etik.

Untuk pengurus Dekranasda yang baru saja dikukuhkan, Bupati berharap pengurus baru dapat membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong dan berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan memberoikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Sukoharjo. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar