Nama 30 Pejabat Tunggu Rekom KASN, Gibran Siap Pelantikan di Malam Tahun Baru

Foto ilustrasi, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melantik pejabat eselon 3 dan pejabat fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta beberapa saat lalu.

KBRN Surakarta: Sejumlah 30 nama pejabat ASN Kota Solo dinyatakan lolos seleksi Jabatan Tinggi Pratama dan langsung dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dari 30 pejabat itu akan diambil 10 nama untuk menduduki jabatan eselon 2 Pemkot Surakarta yang saat ini kosong.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan direncanakan berlangsung pada malam tahun baru. Pelaksanaan berbarengan dengan rotasi dan mutasi besar-besaran penerapan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru. 

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD)Surakarta Hari Prihatno mengatakan, 30 nama sudah diserahkan kepada Walikota Solo Gibran Rakabuming untuk dipilih. Kemudian pilihan walikota beserta seluruh naman yang lolos seleksi dikirim ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi. 

"Biasanya seminggu sudah keluar rekomendasi, tapi ini semua daerah akan melakukan seleksi jabatan tinggi, kita tunggu saja sambil menata SOTK baru," terang Hari Prihatno, Senin (6/12/2021).

Hari mengatakan paling lambat 31 Desember 2021 akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Karena awal 2022 SOTK baru sudah berjalan.

"Iya paling lambat tanggal 31 Desember. Kan 2022 SOTK baru berjalan. Tidak mesti malam hari mungkin bisa siang atau siang. Tapi ini masih nunggu dari KASN," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Gibran mengaku sudah menentukan nama-nama pejabat yang akan mengisi 10 kursi jabatan tinggi Pemkot. Perihal rotasi dan mutasi ASN berdasarkan SOTK baru, pihaknya berupaya merampungkan itu dalam tiga hingga empat pekan ke depan. 

"Per jabatan ada tiga nama usulan, dan satu nama yang saya pilih juga sudah ada. Akhir tahun pelantikan, tidak meleset. Tapi, tergantung KASN, lama tidak persetujuannya. Kalau KASN biasanya 5-7 hari sudah turun (surat)," jelas Gibran.

Akhir tahun diharapkan sudah selesai sehingga bisa dilantik tepat waktu dan pada 2022 sudah memulai SOTK baru. "Tunggu saja Iya, mutasi besar-besaran, pasti ada orang baru. Tahun baru nanti lihat saja. Malam tahun baru (pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan),” kata Gibran.

Untuk diketahui, Pemkot melelang 10 kursi jabatan tinggi, meliputi, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda). 

Kemudian, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

Lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin), Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar