Harga Cabai Di Klaten Terus Melambung Tembus 60 Ribu

KBRN Klaten : Harga sayur-mayur di Kabupaten Klaten kini terus beranjak naik seperti halnya cabai.

Di pasar Srago Klaten untuk jenis cabai rawit sudah tembus angka 60 ribu rupiah per kilogram, sedangkan untuk jenis cabai kriting berkisar 30 ribu rupiah per kilogram.

Salah seorang pedagang sayur mayur di pasar Srago Kota Klaten Ngatemi menuturkan untuk sekarang ini berbagai kebutuhan sayuran mulai  terjadi kenaikan seperti brokoli, wortel dan jenis sawi.

Kenaikan harga yang signifikan  terjadi pada jenis brokoli dan juga cabai. Untuk Brokoli yang sebelumnya 18 ribu menjadi 24 ribu rupiah per kilogram..

Sedangkan untuk harga cabai terjadi kenikan dalam tiga hari terakhir  yang seberlumnya  berkisar 45 hingga 50 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan untuk cabai kriting  sebelumnya berkisar 25 irbu rupiah per kilogram.

“Nek cabai itu jualannya kan 60 ribu per kilogram kalau kulakannya 55 ribu. Untuk cabai besar kulakannya 36 yang sebelumnya 30," ungkap Ngatemi kepada wartawan Senin (6/12/2021).

Ia mengatakan tingginya harga cabai itu diperkirakan karena faktor cuaca dengan terjadinya hujan terus -menerus. Dampaknya banyak tanaman cabai yang terserang hama  yakni pathek.

Selain sayuran kenaikan harga juga terjadi pada jenis minyak baik itu minyak curah maupun kemasan. Salah seorang penjual ayam  goreng Sri Ningsih mengakui sudah cukup lama harga minyak goreng itu dengan harga tinggi yang mencapai 19 ribu rupiah per liter untuk jenis minyak curah.

“Untuk minyak curah sekarang 19 ribu.Dah lama, beban pak. Damel FC," kata Sri Ningsih.

Purwanto salah seorang penjual sembako mengaku, kenaikan harga minyak itu sudah cukup lama kurang lebih sudah tiga bulan.

Untuk minyak curah yang sebelumnya 15 ribu kini menjadi 18.500 ribu rupiah per kilogram. (Adam Sutanto/WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar