PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

KBRN Surakarta : Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai membentuk ekosistem pelayanan energi untuk kebutuhan kendaraan listrik di Soloraya.

Ditargetkan, pada 2026 ekosistem tersebut bisa terbentuk. Untuk itu, PLN akan membangun sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Sukoharjo dengan prioritas kawasan Solo Baru.

Manajer PLN UP3 Sukoharjo, Luky Artanti, mengatakan saat ini PLN sedang berupaya mendorong masyarakat beralih ke gaya hidup menggunakan energi listrik. Salah satunya mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan dengan tenaga listrik.

“Guna  membentuk ekosistem teknologi tersebut, PLN saat ini sudah membangun SPKLU di Kantor PLN Surakarta,” ujar Luky kepada RRI, Sabtu (04/12/2021).

Menurut Luky, untuk saat ini keberadaan SPKLU sebagai agen pengisian daya masih di Surakarta, lantaran  pengguna mobil listrik masih sangat terbatas itupun hanya disekitar kota Solo saja. 

“  PLN sudah membuat roadmap atau panduan untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik di Soloraya. Salah satunya PLN menargetkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan, sejumlah SPKLU sudah dibangun di Sukoharjo, “ungkap Luky Artanti.

Lebih lanjut Manajer PLN UP3 Sukoharjo juga membuka kesempatan pihak ketiga untuk ikut membentuk ekosistem dengan sejumlah persyaratan. 

“Meski kami belum memetakan di mana saja yang akan dibuat, namun dipastikan mendatang kawasan jalan Solo Baru akan menjadi prioritas pembangunan SPKLU,” tandasnya.

Hal itu berdasarkan faktor ekonomi di wilayah tersebut yang dinilai sesuai dengan pasar kendaraan listrik. 

Sementara itu, Sales Consultant Hyundai Solo Baru, Satrio Prinadi Utomo, mengatakan saat ini tren penjualan mobil listrik di Soloraya sudah mulai meningkat.

Hal tersebut berdasarkan data penjualan 2021 yang mencapai 15 unit dibandingkan pada 2020 yang hanya terjual satu unit kendaraan.

“Jelas kami berharap bakal terjadi tren peningkatan pemakaian mobil listrik pada tahun 2022 dengan target 30 unit,” ujarnya.

Terkait ekosistem yang dibentuk PLN, Satrio Pribadi Utomo menilai sudah baik juga karena di sejumlah tempat sudah dibuat SPKLU untuk mengakomodasi pengisian daya mobil listrik.

“ Untuk sekali pengisian mobil listrik selama lima jam  bisa digunakan untuk menempuh 300 kilometer lebih,” tukasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar