Wakil Ketua MK Resmi Buka Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa Se-Solo Raya

.

KBRN, Surakarta: Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. Aswanto secara resmi telah membuka Lomba Pidato Konstitusi pada Kamis (2/12/2021). Prof. Aswanto secara langsung meresmikan pembukaan lomba yang mempertemukan lurah dan kepala desa se-Solo Raya di Aula 3 Fakultas Hukum (FH) UNS.

Sebanyak 70 lurah dan kepala desa dijadwalkan turut meramaikan kompetisi ini. Mereka merupakan lurah dan kepala desa yang berasal dari Solo Raya yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

Prof. Aswanto menjelaskan bahwa lomba ini merupakan salah satu ajang dalam menilai kinerja lurah dan kepala desa dalam menjamin hak-hak konstitusional para warga desa yang mereka pimpin. Lebih lanjut, Dosen Universitas Hasanuddin ini juga mengatakan bahwa para pemimpin desa tersebut merupakan unjuk tombak MK dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Bapak ibu lurah menempati posisi yang sangat strategis karena ujung tombak dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Karena itulah, bapak ibu bisa dinilai masyarakat sebagai perwujudan hak-hak mereka yang dijamin dalam konstitusi,” ujar Prof. Aswanto.

Selain itu, Prof. Aswanto juga menegaskan bahwa lurah dan kepala desa perlu memberikan pelayanan yang bagus kepada masyarakat yang mereka pimpin. Hal ini termasuk salah satu amanat dalam konstitusi.

“Ketika ibu bapak melayani masyarakat tentu harus memberikan pelayanan yang bagus karena semua masyarakat sudah dijamin hak-hak konstitusionalnya dalam konstitusi, hak untuk diperlakukan secara baik, hak untuk diperlakukan secara manusiawi. Semua itu harus diimplementasikan di dalam kehidupan keseharian termasuk ketika ibu bapak para lurah memberikan pelayanan di masyarakat. Ini penting,” imbuhnya.

Selain Wakil Ketua MK, acara pembukaan lomba ini  juga dihadiri langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho. Prof. Jamal mengaku sangat gembira dengan adanya kegiatan ini. Beliau memandang bahwa kegiatan tersebut menarik dan cukup penting.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat dipercaya oleh MK untuk mengadakan lomba ini. Semoga acara yang berlangsung sampai Sabtu nanti berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa merupakan kegiatan yang diadakan oleh MK RI bekerja sama dengan FH UNS. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari yakni mulai Kamis hingga Sabtu (2—4 Desember 2021). Kamis (2/12/2021) merupakan hari pertama yang diagendakan untuk pembukaan sekaligus pembekalan materi untuk peserta. Pembekalan diberikan oleh empat pembicara yakni Wakil Ketua MK, Prof. Dr. Aswanto serta tiga hakim konstitusi meliputi Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., MS.; Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M. Hum.; dan Prof. Dr. Saldi Isra, S.H.

Perlombaan baru dimulai pada hari kedua dengan mempertandingkan babak penyisihan hingga semifinal. Sementara itu, babak final dihelat pada Sabtu (4/12/2021) sekaligus ditutup dengan acara penganugerahan yang rencananya dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI dan Wali Kota Surakarta. (Hum/UNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar