Pemuda dan Seniman Papua Silaturahmi ke Pemkot Surakarta

.

KBRN, Surakarta: Puluhan orang pemuda dan seniman papua berkunjung ke balai kota Surakarta guna bersilaturahmi dengan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka,  berlangsung di Bale Tawang Arum. Salah satu tamu, Ketua Komunitas Seniman Papua Indonesia Jakarta, Ian Gebze menyampaikan silaturahmi ini bertujuan sebagai wujud syukur karena papua telah sukses menyelenggarakan Pekan Olah Raga Nasional (PON). Sehingga dilakukan napak tilas karna melihat sejarahnya, PON pertama diselenggarakan di Kota Surakarta pada 9 September 1948 lalu.

"Kita berkunjung ke sini (Surakarta) karena di Papua telah sukses kegiatan PON kemarin. Selain itu karena PON yang pertama juga dilaksanakan di Solo. Kita akan adakan syukuran di Solo, nanti ada bakar batu, untuk makan bersama, hanya simbolis," jelas Gebse saat dikonfirmasi RRI, Senin (29 November 2021).

Sementara, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka berterima kasih kepada masyarakat Papua yang berdomisili di Surakarta. Diharapkan dengan silaturahmi tersebut, akan lebih mempererat hubungan antar masyarakat Surakarta-Papua tanpa memandang SARA.

"Ini tadi cuma silaturahmi saja, terus makan bersama. Kita juga sudah tampung semua masukan dari teman-teman Papua," jelas Gibran.

Para seniman Papua yang ada di Surakarta, nantinya akan menyelenggarakan syukuran yang dilaksanakan pada saat kegiatan festifal payung awal Desember mendatang. Dengan simbolis melakukan prosesi bakar batu serta ditampilkan tarian-tarian khas tanah Papua. (Ase/Wid)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar