Pemuda Taskombang  Klaten Pamerkan Desa Mendesah Sketsa Wajah Dari Barang Bekas

KBRN Klaten : Sejumlah hasil kerajinan  karya pemuda Desa Taskombang di pamerkan  dalam kegiatan pameran sketsa  "Desa Mendesah Sketsa Wajah" di Desa Taskombang Manisrenggo Klaten, Jumat (26/11/2021).

Sejumlah karya yang dipamerkan itu berbahan bahan kaleng bekas, kuningan dan  tembaga.

Agus Rohmad salah seorang seniman atau pengrajin mengatakan barang bekas  yang digunakan ternyata bisa bermanfaat dan bernilai tinggi.

Karya yang dibuatnya merupakan tiga demensi  berupa asesoris  seperti kalung, gelang, anting  dan hiasan lainnya. Ia mengaku tingkat kesulitnnya  cukup tinggi dibanding dua demesi.

“Bahan kaleng kalau kita loakin kan cuma sedikit hasilnya tapi kalau kita jadikan kerajinan lumayan,” ungkap Agus Rahmad kepada RRI.

Hasil karyanya tersebut dipatok dengan harga ratusan ribu sampai dengan satu juta setengah. Penjualannya  di wilayah Klaten dan juga DIY.

Sedangkan pemuda desa yang lain Daru Kurnia mengaku karya yang dibuatnya berupa dua dimensi seperti tokoh wayang , ikan, maupun  yang lain.

“Nilai komersil ada dan nilai estetik juga ada. Barang bekas. Bahan bakunya bisa gunakan tembaga, kuningan atau seng atau tutup toples yang agak besar,” kata Daru Kurnia.

Nilai komersialnya dapat digunakan krom, pigura dan juga pernik. Hasilnya dapat sebagai hiasan dinding yang cantik dan menarik.

Abimayu Prasastya Perdana  selaku Ketua Sanggar Sedya Tama Taskombang mengatakan pameran yang digelar itu menampilkan sejumlah karya seni dengan tema  Desa Mendesah Sketsa Wajah .

Menghadirkan empat perupa yakni Daru, Agus, Supri dan Wibi.

Harapannya melalui kegiatan seperti itu generasi muda  tidak lagi mencari peluang karir hingga  ke kota.

“Harapannya mereka tidak lagi ke kota untuk mencari peluang karir tetapi dapat di desanya sendiri,’ tandasnya.

Dia mengatakan lokasi pameran mengambil tempat di bekas pengolahan sampah yang ada di desa tersebut.

"Ini membangkitkan kembali dengan memanfaatkan barang bekas  menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi generasi muda  dan masyarakat," tambahnya.  (Adam  Sutanto /WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar