Perjuangkan Perbaikan Jalan, Pemuda Desa Sidorejo Kemalang Klaten Buat Film Pendek

KBRN Klaten : Keresahan warga lereng Merapi Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten  atas kerusakan jalan evakuasi Merapi semakin tinggi.

Berbagai upaya  dilakukan masyarakat di wilayah itu agar  ada pemihakan dari pemerintah untuk melakukan perbaikan jalan baik melalui dialogis maupun media sosial.

Salah satunya dilakukan pemuda-pemudi Desa Sidorejo  dengan pembuatan film pendek.

Salah seorang kreator Achmad Sulistyo  menyebutkan film pendek berdurasi kurang lebih dua menit itu diunggah pada kanal youtube  bercerita terntang aktivitas masyarakat yang melalui jalan rusak.

Ia berharap kritikan melalui media sosial  itu pemerintah dapat terketuk hatinya untuk  segera memperbaiki jalan  di wilayah itu yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Tujuannya dari teman-teman apa yang kita gambarkan kondisi jalan itu adalah jalan evakuasi  dan jalan untuk mobilitas warga sekitar  entah itu mencari rumput  terus pergi ke pasar, berangkat sekolah  jadi itu jalur utama dan untuk lewat wisatawan juga terus lewat truk-truk muatan,’ kata Achmad Sulistyo kepada awak media  Sabtu (27/11/2021).

Harapannya DPRD , Bupati dapat membuka hati  untuk benar-benar memperbaiki jalan di wilayah itu.

Sementara koordinator relawan Desa Sidorejo Sukiman mengatakan berbagai upaya yang sudah dilakukan  warga untuk mendapatkan pemihakan perbaikan belum membuahkan hasil atau menemui jalan buntu.

Seperti berdialog dengan DPRD dalam hal ini Komisi IIi dan mengikuti public hearing seluruhnya  belum mendapatkan hasil apapun.

“Kita berupaya memasukkan ide-ide menyusun skala prioritas seperti ke DPRD terus membuat film. Terus hari ini bikin spanduk dipasang di sepanjang jalan yang rusak.

Pada desa Sidorejo itu ada enam kilo yang rusak dari atas sampai bawah.

"Kami sebenarnya memperjuangkan prioritas adalah keselamatan manusia karena ini di KRB III dan II dan Merapi masih siaga,” tegasnya kepada RRI

Warga, kata Sukiman akan terus berusaha dan berjuang untuk mendapatkan pemihakan perbaikan jalan yang dalam kondisi rusak parah. Seperti ke Gubernur Jawa Tengah maupun ke  pemerintah pusat di Jakarta .( Adam Sutanto / WW )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar