Lebihi Tonase, Truk Galian C Harus Ditindak Tegas

KBRN,Klaten : Kerusakan jalan evakuasi Merapi atau jalur Kabupaten Klaten disesalkan berbagai pihak. Salah satunya dari wakil Rakyat DPRD kabupaten Klaten Darmadi. Ketua Faksi PAN ini menyatakan kerusakan jalan seperti halnya di wilayah Desa Sidorejo  karena tingginya lalu lintas galian C termasuk muatan yang melebihi batas .

Dia juga menyebut  truk-truk besar roda sepuluh dengan kapasitas 30 ton hilir mudik di kawasan itu dan terkesan ada pembiaran dari pihak yang berwenang. Dampaknya jalan-jalan yang ada mudah rusak.

“Sudah sekian tahunlah truk-truk besar yang bermuatan 30-an ton roda sepuluh  dibiarkan tanpa ada penertiban. Terkesan ada pembiaran. Hancur jalannya,” ungkap Ketua Fraksi Pan DPRD Klaten Darmadi kepada wartawan Kamis (25/11/2021).

Ia berharap adanya pengawasan dan penertiban, kendaraan yang bukan kelasnya jangan boleh masuk di,kawasan itu. Karena hilir mudik  truk galian C berlangsung siang dan malam.

Darmadi berharap agar Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten untuk melakukan pengawasan dan penertiban terhadap angkutan galian C tersebut.

Secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Supriyono  ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan operasi ataupun patroli  terhadap angkutan galian C sudah sering dilakukan bekerja sama dengan Satlantas Polres Klaten. Biasanya dalam satu minggu dilakukan dua sampai dengan tiga kali.

“Kewenangan penindakan bukan di kami. Tetapi di kepolisian,” kata Supriyono kepada wartawan.

Supriyono menyebutkan untuk jalur Kabupaten itu termasuk jalan kelas tiga dan kapasitan muatan maksimal hanya delapan ton.

Dinas Perhubungan juga sudah memasang rambu-rambu  jalur dan batas muatan  untuk galian C.

(Adam  Sutanto / WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar