FOKUS: #PPKM MIKRO

Pemerintah Hapus Libur Nataru, Walikota Gibran : Tahan Dulu

Foto ilustrasi, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menjawab pertanyaan wartawan.

KBRN, Surakarta: Pemerintah Pusat memastikan menghapus cuti bersama perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022. Praktis libur yang ada hanya Sabtu-Minggu karena 25 Desember dan 1 Januari jatuh pada hari Sabtu.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sepakat dengan keputusan pemerintah membatasi libur Nataru. Namun Gibran masih menunggu arahan dari pusat. 

"Ya sama kami sedang menunggu arahan dari pusat. Yang jelas kita harus menahan diri untuk Natal dan tahun baru," pintanya saat ditanya wartawan di Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung, Kamis (28/10/2021).

Putra Sulung Presiden Jokowi itu meminta masyarakat agar menahan diri tidak mudik dulu. Meskipun saat ini tren kasus sedang menurun. Hal ini sebagai antisipasi kenaikan kasus Covid-19 gelombang ketiga yang diprediksi terjadi akhir tahun ini sampai awal tahun 2022.

"Soalnya tren udah membaik kita nggak pingin grafik naik lagi. Menahan diri dulu lah intinya," tandas Gibran.

Untuk diketahui Pemerintah Pusat melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan pers Rabu (27/10/2021) penghapusan cuti bersama akhir tahun tertuang dalam SKB tiga menteri.

Dia mengungkapkan telah mengkoordinasikan Kementerian lembaga terkait antara lain Kemenhub, Kemenag, Kemendagri, dan Kemenpan RB, Kemenparekraf, Kemenkes Kemendikbud ristek, Kementerian Tenaga Kerja, Kominfo dan TNI-Polri untuk menyiapkan kebijakan dan langkah antisipasi menghadapi libur Natal tahun baru. 

Khususnya pada rentang tanggal dianggap krusial yaitu mulai 23 Desember sampai dengan 3 Januari 2022. Pemerintah juga bersiap melakukan pengendalian mobilitas masyarakat, penguatan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus covid-19 masa libur Natal dan Tahun Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00