Bedah Kandang Ternak, Koinkita Dukung Ekonomi Difabel

KBRN Surakarta : Koinkita melakukan serah terima Renovasi Bedah Kandang Ternak kepada Nur Rumekso Warsito (43) yang rampung digarap selama 5 hari di Sojayan, Ngawen, Kabupaten Klaten pada Senin, (25/10/21).

Wujud program pemberdayaan Rumah Kreatif Difabel ini dihadirkan untuk penyandang disabilitas yang memiliki semangat untuk memperbaiki usaha dari rumah.

Ayah 3 anak ini tidak mengalami disabilitas sejak kecil. Nur yang dulunya bekerja sebagai buruh bangunan mengalami kecelakaan kerja. Tangan kanannya tersengat listrik sehingga tidak ada jalan lain selain amputasi.

Sebagai kepala keluarga yang tak ingin berhenti mencari nafkah, Nur mulai bangkit dengan memilih usaha ternak kambing. Nurmulaimemelihara kambing di tahun 2019 berbekal modal beli kambing dari info teman di facebook.Setiap hari Nur memakai tangan palsu guna mengendarai motor untuk mencari rumput pakan ternak.

Meskipun sudah pernah menjual hasil ternak, Nur juga mengaku pernah mengalami kesulitan pahit. Beberapa kali di awal beternak, kambingnya sempat mati secara tiba-tiba. Namun, kini Nur sudah memahami bagaimana cara merawat kambingnya.

“Sekarang kandangnya lebih kuat. Alhamdulillah,terima kasih banyak teman-teman Koinkita,” tutur Nur seperti dalam rilis yang dikirimkan ke RRI, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya, kandang kambing yang berukurang 2,5 x 9 meter itu awalnya minim ventilasi. Bahkan ketika hujan tiba, atap yang bocor bisa membanjiri kandang. Kini, Koinkita.com melalui program Rumah Kreatif Difabel telah merenovasi kandang kambing milik Nur agar lebih layak untuk pengembangbiakan kambing.

Bangunan kandang sudah ditinggikan 1 meter sehingga cukup ventilasi, atap kini diperbaiki sehingga tidak bocor lagi, dan disediakan space untuk pakan ternak. Kini kandang kambingnya yang dikonsep panggung 1 meter dari tanah itu bisa muat untuk 10 kambing. Bahkan di bawah kambing bisa digunakan untuk memelihara marmot.[Edwi/Ril)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00