Zaki Adi Saputra dan Fransisca Ervin Raih Gelar Mas Mbak Sukoharjo 2021

KBRN Sukoharjo : Grand Final Pemilihan Mas Mbak Sukoharjo 2021 digelar di Auditorium Gedung Menara Wijaya lantai 10, Sabtu (23/10/2021).

Setelah melalui serangkain seleksi dan penilaian, dari 10 finalis yang tampil akhirnya terpilih Zaki Adi Saputra dan Fransisca Ervin sebagai Mas Mbak Sukoharjo 2021. Kedua peserta tersebut berhasil menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya.

Grand Final Mas Mbak Sukoharjo 2021 juga dihadiri sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Pejabat yang hadir antara lain Dandim, Letkol Inf Agus Adhu Darmawan dan Ketua DPRD, Wawan Pribadi. Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa juga terlihat hadir dalam acara tersebut.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sukoharjo, Endang Sri Harianti, menyampaikan bahwa sebelum para finalis tampil dalam Grand Final terlebih dahulu dilakukan pembekalan. Materi pembekalan sendiri meliputi Table Manner Cource, manajemen perhotelan, ngadi saliro ngadi busonoBeauty Class, bahaya narkoba, public speaking, serta materi lainnya.

Selain Juara 1, lanjut Endang, panitia juga memilih Juara 2 dan Juara 3 masing-masing satu pasang. Panitia juga memilih Juara Favorit dan Juara Persahabatan masing-masing satu orang. Pemenang dua kategori terakhir dipilih melalui polling SMS yang dilakukan oleh panitia. Untuk Juara 1 baik mas maupun mbak berhak atas hadiah uang senilai Rp15 juta.

Sedangkan untuk Juara 2 mendapatkan Rp6 juta, dan Juara 3 Rp5 juta, Juara Favorit Rp3 juta, Juara Persahabatan Rp3 juta, Best Talent Rp3 juta, dan finalis yang belum mendapat juara mendapatkan uang pembinaan berupa tabungan Rp1 juta.

Dikatakan Endang, dengan pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo diharapkan bisa memperoleh sosok generasi muda yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan di berbagai aspek khususnya pariwisata. “Kami berharap ajang ini mampu memperoleh generasi muda yang bertanggungjawab dengan kepemimpinan dan keteladanannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan bahwa pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo digelar untuk memilih sosok putra dan putri Kabupaten Sukoharjo yang memiliki ilmu kepariwisataan yang luas, disiplin, mandiri, serta mempunyai kepribadian yang konsisten dengan ucapan dan tindakan. Pemilihan mas dan mbak sendiri dilakukan melalui proses yang ketat dimana dimulai dengan tes tertulis, tes wawancara yang meliputi bidang pariwisata dan pengetahuan serta penampilan dan bakat.

“Pemenang duta wisata ini menjadi tauladan atau contoh dalam hal-hal berkenaan dengan wisata, seni, budaya, dan pendidikan,” kata Etik.

Dalam kesempatan itu, Etik juga mengucapkan selamat kepada pemenang Mas Mbak Sukoharjo dan berharap para pemenang bisa mempromosikan pariwisata Kabupaten Sukoharjo. “Yang saya harapkan Mas dan Mbak Sukoharjo memiliki wawasan kepariwisataan yang luas, disiplin, mandiri serta memiliki kepribadian yang tangguh,” harap Etik. (Edwi/Ril)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00