Pemkab Sukoharjo Raih WTP Enam Kali Berturut-Turut

KBRN Sukoharjo : Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Hartana menyerahkan piagam penghargaan Menteri Keuangan kepada Pemkab Sukoharjo atas keberhasilan penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bertempat di Lobby Kantor Bupati Sukoharjo Selasa (19/10/2021) Kepala KPPN Surakarta  mewakili Menkeu mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemkab Sukoharjo mendapatkan predikat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga 6 kali berturut-turut.

“ Dengan pemberian opini WTP, ini berarti Pemkab Sukoharjo telah memenuhi kesesuaian antara LKPD dengan standar indikator penilaian BPK berdasarkan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Hartono.

Diakui, untuk mendapatkan opini WTP dari BPK bukan sesuatu hal yang mudah, diperlukan perjuangan dan kerja keras dari seluruh elemen yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

“ Opini WTP ini merupakan pemberian untuk seluruh elemen yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Bahkan kepada seluruh daerah meskipun tidak sama, akan tetapi untuk Sukoharjo merupakan yang ke 6 kalinya,” ungkapnya.

Sebelumnya, bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas penyampaian piagam penghargaan dari Menkeu melalui Kepala KPPN Surakarta.

“Opini WTP yang kami terima telah memenuhi 5 syarat sesuai yang telah ditentukan, dalam hal ini termasuk tidak boleh ada pagu anggaran /(alokasi anggaran yang ditetapkan untuk mendanai belanja daerah) minus, sehingga harus cermat.” ujar Etik.

Dari sisi pelaksanan APBD, opini WTP menurut Etik, merupakan bukti nyata bahwa Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik kepada masyarakat, komitmen mempertanggungjawabkan setiap rupiah uang negara.

“Capaian ini diharapkan  menjadi cambuk untuk selalu turut serta dalam mewujudkan clean and good governance sebagaimana dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” tukasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00