Audiensi Dengan DPRD, Gerbang Budaya Sukoharjo Inginkan Pembangunan Gedung Kesenian

KBRN Sukoharjo : Pegiat seni dan budaya di Sukoharjo yang tergabung dalam Gerbang Budaya Sukoharjo (GBS) menggelar audiensi dengan pimpinan DPRD Sukoharjo, Senin (20/09/2021).

Audiensi tersebut ditemui langsung Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, bersama sejumlah pimpinan dan Komisi 4, serta Kepala Disdikbud Darno.

Audiensi dengan prokes ketat yang digelar di di ruang rapat gedung DPRD itu untuk menyampaikan  beberapa usulan yang diyakini demi kemajuan seni dan budaya di Sukoharjo.

 “Dalam GBS ini tidak hanya kesenian saja, melainkan ada 10 unsur didalamnya sehingga kami akan bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Ketua GBS, Joko Ngadimin dalam paparannya.

Dikatakan, GBS menyampaikan sejumlah usulan ke DPRD, antara lain mengusulkan Pendopo Kawedanan Bekonang dijadikan ruang publik budaya berbasis ekonomi kreatif, mengusulkan pada Pemkab Sukoharjo untuk memberikan penghargaan pada mastro seni budaya dan tokoh penggerak seni budaya desa.

“Selain itu, kami mengusulkan agar DPRD dan pemerintah agar melakukan upaya pelestarian, pemberdayaan, serta penyelamatan seni budaya dan peninggalan sejarah lokal untuk edukasi masyarakat, mengusulkan aagar Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban sebagai Pusat Kawasan Industri dan empu gamelan dan dijadikan destinasi wisata internasional gamelan terpadu dan menolak organisasi dan orang luar mengakui potensi tersebut untuk kepentingan bisnis tanpa melibatkan masyarakat setempat,” ujar Joko.

Anggota GBS lainnya Bambang Hermanto berharap  pegiat seni dan budaya dapat memiliki gedung kesenian agar dapat berkreasi.  

“ Kami berharap pembangunan gedung kesenian Sukoharjo dapat melibatkan pegiat seni agar desainnya lebih tertata dan tidak seperti gedung indoor lainnya,” ujar Bambang.

Menanggapi usulan dari GBS tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DRD Sukoharjo Agus Sumantri mengaku sudah mendengar wacana pembangunan gedung kesenian yang lokasinya di kelurahan Gayam Sukoharjo Kota yang lokasinya tidak jauh dari taman bermain Pakujoyo.

“ Saya sudah mendengar lama jika gedung kesenian segera dibangun di dekat taman Pakujoyo. Namun waktu itu sempat ada protes dari warga sekitar karena awalnya akan dijadikan water boom,” ujar Agus.

Sedangkan Ketua DPRD, Wawan Pribadi mengapresiasi maksud baik Gerbang Budaya. DPRD juga mendukung upaya Gerbang Budaya untuk bersinergi dengan pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sebenarnya agenda Gerbang Budaya tinggal diselaraskan dengan dinas yang sudah punya agenda seni budaya selama ini,” ujarnya.

Terkait pembangunan Gedung Kesehatan, Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno mengatakan sebagian usulan dari GBS sudah masuk program kegiatan dinas. Menurutnya, dinas sudah memetakan potensi budaya yang bisa dikelola menjadi destinasi wisata. Seperti Desa Wirun, Desa Trangsan, Desa Ngrombo, dan Petilasan Keraton Kartasura.

“Untuk Gedung Kesenian, dinas sudah menyiapkan Taman Budaya Sukoharjo untuk menampung berbagai kegiatan seni dan budaya masyarakat Sukoharjo,” tukas Darno. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00