Cerita Haji Bambang Subekti Yang Mengawasi 2 Ibu Lansia

KBRN Sukoharjo : Bagi H. Bambang Subekti, warga perumahan Nilasari komplek UMS Pabelan Kartasuro Sukoharjo ibadah haji yang telah dijalani pada tahun 2004 menyimpan kenangan yang tidak terlupakan.

Waktu itu Bambang Subekti yang saat ini sudah berusia 70 tahun, menjalankan rukun islam kelima bersama istri dan ibundanya yang sudah berusia lanjut.

Namun waktu itu pada tahun 2004 usia Bambang Subekti baru sekitar 50 an tahun dan berangkat bersama kloter 46 Solo.

“ Ya, pengalaman yang saat ini masih terngiang adalah, sejak keberangkatan sudah mendapatkan amanah harus menjaga ibundanya sendiri,” ungkap Bambang kepada RRI, Rabu (04/08/2021).

Selain itu dia  juga mendapat titipan untuk menjaga ibunda dari salah satu temannya. Sehingga selama berada di tanah suci Bambang Subekti harus mengawasi 2 ibu sekaligus yang waktu itu sudah berusia lanjut.

“Lantaran harus mengawasi dua ibu lansia itulah membuat selama berada di tanah suci menjadikan kami tidak begitu focus untuk menjalani semua ritual haji,” ujarnya sembari tertawa.

Saat ditanya apakah selama berada ditanah suci sempat mendapatkan pengalaman spriritual, Bambang Subekti mengaku tidak mendapatkan.

Justru pengalaman spiritual didapat saat pergi haji umroh pada tahun 2019 juga bersama keluarga besarnya.

“Saat itu kami bersama keluarga tengah khusus berada di depan Hajar Aswad dan ingin menciumnya. Namun entah mengapa, semua keluarga yang sebelumnya berkumpul tiba-tiba menghilang. Dan tinggalkan sendiri bersama jemaah lainya. Tiba-tiba saja Bambang Subekti seolah mendapatkan desakan dan akhirnya bisa mendekat dan mencium hajar aswad,” tandasnya.

Sementara kepada calon haji yang harus menunda berhaji akibat pandemi Covid 19, Bambang Subekti  hanya berdoa, semoga Corona segera hilang dari bumi ini sehingga kesempatan berhaji pada tahun 2022 dapat kembali normal.

“ Semoga Covid 10 segera lenyap sehingga musim haji tahun depan kembali normal,” pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00