FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Lantik Puluhan Pejabat, Walikota Gibran Minta Pelayanan Dipermudah dan Tak Bertele-tele

KBRN, Surakarta: Gibran Rakabuming Raka melantik pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk pertama kalinya setelah menjabat Walikota Solo. Gibran melantik puluhan pejabat baru di lingkungan Pemkot Solo, di Balai Tawang Arum Balaikota Senin (2/8/2021).

Sejumlah 36 pejabat dilingkungan Pemkot Surakarta dilantik Walikota Gibran Rakabuming Raka dalam jabatan baru Senin kemarin. Usai melantik, Gibran meminta para pejabat baru ini untuk bisa kerja cepat dan tidak bertele-tele. 

Selain itu ia juga menyarankan para pejabat bisa aktif di sosial media. Gibran menyampaikan pelantikan ini baru dilakukan untuk mengisi jabatan-jabatan strategis terlebih dulu. Seperti halnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepala bidang (kabid), sekretaris dinas (sekdin), beberapa lurah dan camat.

Girbran, mengatakan setelah berkonsultasi dengan Kemendagri, beberapa posisi tersebut tidak boleh kosong. Pasalnya selama penanganan pandemi Covid-19 an pemulihan ekonomi, ada beberapa posisi jabatan yang memang benar-benar penting. 

”Situasinya sekarang seperti ini, makanya setelah kemarin konsultasi dengan Kemendagri, posisi-posisi ini tidak boleh kosong,” katanya usai melantik pejabat. 

 Menurutnya pengisian pejabat ini mendesak karena ini yang benar-benar strategis. Kepada para pejabat baru ini, Gibran memberikan beberapa pesan. Ia menekankan bahwa saat ini situasi sedang darurat, sehingga semua pekerjaan harus direspon dengan cepat. Selain itu dia juga meminta para pejabat untuk aktif di sosmed. 

”Birokrasi nggak boleh lelet dan bertele-tele. Semua butuh kecepatan. Dan yang penting semua harus aktif di sosial media dan lapangan, (keduanya) harus seimbang,” katanya. 

Salah seorang pejabat yang dilantik Beni Supartono yang kini diberi amanah sebagai l Banjarsari. Kepada RRI Beni mengatakan, pejabat di wilayah dituntut melakukan pelayanan dengan cepat tanggap dan tak bertele-tele. 

"Jikalau memang prosesnya tidak membutuhkan banyak waktu dan aman ketentuan akan  kami lakukan,' ujarnya.

Sementara permintaan cepat tanggap, pihaknya akan membuat terobosan layanan. Salahsatunya pelayanan di luar jam kerja untuk masyarakat kesulitan ke kantor pagi hari.

"Masyarakat butuh apa, kami akan jawab akan kita alami jam dinas untuk pelayanan administrasi tidak bisa akses orang swasta untuk izin keluar kita akan ada pelayanan di jam kerja. Jam 4 jam 8 artinya bisa mengakomodir pulang malam bisa terlayani," jelasnya.

Pelantikan ini pertama kali dilakukan Gibran setelah dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo. pasalnya sesuai dengan aturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kepala daerah terpilih baru bisa melakukan rotasi dan melantik setelah enam bulan menjabat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00