Polisi Bubarkan Balapan Liar di Kartasura

KBRN Sukoharjo : Balapan liar di Jalan Ahmad Yani Kartasura kembali dibubarkan oleh Tim Pandawa Polres Sukoharjo, Minggu (1/8/2021) dini hari.

Selama ini, balapan liar di wilayah Kartasura menjadi perhatian polisi karena masih sering terjadi.

Dalam operasi yang dilakukan oleh Tim Pandawa tersebut, petugas mengamankan 33 remaja beserta sepeda motor yang rata-rata menggunakan knalpot brong.

“Selama ini kasis balapan liar di Jalan Ahmad Yani Kartasura ini sering dikeluhkan oleh warga sekitar,” terang Ketua Tim Pandawa Polres Sukoharjo, Iptu Guntur Setiawan, Minggu (01/08/2021).

Menurutnya, puluhan remaja yang diamankan kemudian dibawa ke Polsek Kartasura dan diberi pembinaan. Selain itu, polisi juga mencopot knalpot brong yang digunakan dan pemilik harus menggantinya dengan knalpot asli sebelum mengambilnya. Para remaja yang tertangkan razia juga dikenakan sanksi tilang oleh Satlantas.

Sebenarnya, kata Guntur, polisi sudah sering melakukan operasi dan membubarkan balapan liar di Jalan Ahmad Yani tersebut. Namun, pelaku yang sebagian besar remaja tidak kapok-kapok dan masih mengulanginya lagi. Operasi sendiri berjalan hingga pukul 04.00 WIB. Operasi dan pembubaran dilakukan karena banyaknya laporan yang masuk ke polisi.

“Saat ini PPKM level 4 masih berjalan, seharusnya tidak melakukan kumpul-kumpul, apalagi menggelar balapan liar, ” ujarnya.

Guntur juga mengatakan, pelaku balapan liar tersebut mayoritas masih remaja. Setelah didata, petugas kemudian langsung memberikan pembinaan agar balapan liar tidak diulangi. Selain itu, remaja tersebut juga diminta untuk tidak melakukan kumpul-kumpul hingga terjadi kerumunan massa.

“Jika ke depan masih ada balapan liar, kami akan gelar operasi lagi dan membubarkannya karena aksi ini meresahkan masyarakat,” pungkasnya.(Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00