Gerai "Sumringah" Grogol Sukoharjo Layani Isi Ulang Oksigen Ukuran Kecil, Bayar Sukarela.

KBRN Sukoharjo : Komunitas masyarakat Sumringah Solo membuka gerai isi ulang oksigen di Jalan Solo-Sukoharjo di Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

Gerakan ini muncul untuk merespon kesulitan masyarakat mendapatkan oksigen medis dan harganya yang mahal.

Koordinator Sumringah Solo, Happy Yudananto, mengatakan layanan isi ulang tabung oksigen bagian dari gerakan warga bantu warga.

“ Ya, saat ini, oksigen medis menjadi kebutuhan utama bagi pasien positif yang mengalami sesak napas dan menjalani isolasi mandiri di rumah,” ungkap Happy kepada wartawan, Rabu (28/07/2021).

Menurut Happy Yudananto pengisian tabung oksigen masyarakat dilayani setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 dan membayar secara sukarela.

“ Kami hanya mengisi tabung ukuran kecil pada jam 08.00 setiap Senin – Sabtu. Untuk tarif sukarela. Bahkan jika tidak memiliki uang  tetap dilayani secara cuma-cuma atau gratis,” ujarnya.

Selain isi ulang tabung oksigen, Sumringah Solo juga melakukan aksi kemanusiaan lainnya dengan membagikan nasi bungkus kepada masyarakat selama PPKM Darurat.

“Selain itu juga menggalang donasi pengadaan alat pelindung diri (APD) dan vitamin untuk sukarelawan dan para tenaga kesehatan (nakes),” tukasnya.

Sementara itu salah satu warga, Nova Budi asal Ngawi mengaku mendapatkan kabar isi ulang sumringah melalui media sosial.

 “Kami sudah mencari kemana-mana tetapi semuanya kosong. Kami dengar berita ini dari medos dan oksigen akan diperutukan bagi ibu yang sering menderita sesak nafas,” tutur Nova.

Nova Budi, merupakan satu dari sekian warga yang mengaku kesulitan mendapatkan isi ulang oksigen di masa pandemi saat ini. 

Pantauan RRI, tidak hanya dari Ngawi, berburu oksigen juga dilakukan beberapa warga yang datang dari berbagai daerah tidak hanya di wilayah solo raya namun juga datang dari Yogyakarta. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00