Danrem 074 Warastratama Serahkan 9 Rumah Hasil Bantuan RTLH

KBRN, Surakarta: Sebanyak 9 rumah hasil program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) diserahkan secara simbolis Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi di Markas Kodim 0735 Surakarta.

Penyerahan ditandani dengan pemberian kunci oleh Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi dengan didiampingi Dandim 0735 Surakarta Letkol Inf Wiyata s Adji kepada masing-masing pemilik rumah yang merupakan warga dari 5 kecamatan di kota surakarta.

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi menyampaikan, program renovasi RTLH ini merupakan gelombang kedua dari sebelumnya sudah dilaksanakan pada sekitar bulan april.

"Gelombang pertama, ada 3 rumah tidak layak huni yang dibenahi, kemudian di tahap kedua kali ini terdapat 9 rumah di 5 kecamatan di surakarta yang jadi sasaran pembenahan," jelasnya kepada wartawan usai penyerahan, Selasa (27/7/210).

Lanjur Danrem, pelaksanaan RTLH kali ini, pihaknya menggandeng pemerintah kota surakarta dan pihak swasta untuk memperbaiki rumah warga yang kurang mampu.

"Sasarannya adalah rumah yang sudah dalam kondisi tidak layak seperti genting bocor, alas tanah hingga dinding yang rapuh, seperti yang kita sudah lihat tadi," ungkapnya.

Danrem berharap, dengan pembenahan rumah RTLH, warga dapat tinggal dengan kondisi yang nyaman dan menerapkan pola hidup sehat, sehingga berpengaruh kepada semangat kerja hingga bisa merubah ekonomi keluarga.

"Sehingga memang masyarakat ini kan kalo kita berikan rumah yg layak, mudah2an bisa lebih sehat.

Hidup sehat istirahat cukup.

Dan kerjanya jadi semangat," jelasnya.

Lebih lanjut, Danrem menyampaikan, masih tersapat sekitar 16 rumah tidak layak huni yang menjadi sasaran program berikutnya. Namun, dalam perencanaan pengerjaannya masih harus melihat kondisi dan situsasi wilayah mengingat masih dalam masa pandemi covid 19.

"Kedepan, ada 16 rumah lagi, namun kita juga pengerjaannya melihat dengan situasi kondisi di wilayah masing2. Bagaimanapun yg kita jaga tetap harus prokes . Karena kita sedang melaksanakan pengendalian pandemi," paparnya.

Sementara itu, salah satu warga kelurahan Joglo penerima bantuan RTLH, Eko Sri Rahayu menyapaikan rasa terima kasih dengan batuan yang diberikan Korem 074 wirastratama. Pasalnya, sebelum ada pembenahan, rumah tempat tinggalnya sudah mengalami banyak kerusakan di beberapa bagian, terutama pada sisi atap rumah.

"Saya itu khawatir atap rumah itu roboh bila pas hujan dan angin, jadi membahayakan keselamatan keluarga, itu sudah saya tempati dari tahun 1986," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sri, pihaknya mengapresiasi program TNI yang sudah menyasar warga kurang mampu dengan membantu membenahi rumah tidak layak huni.

"Ini bagus sekali membantu masyarakat kurang mampu, jadi rumah saya yang dulu bocor sekarang sudah bisa ditempati dengan layak," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00