Temuan Hewan Kurban Berpenyakit di Surakarta Mulai Menurun

Sapi kurban di RPH Jagalan

KBRN, Surakarta: Pada masa hari raya Idul Adha tahun 2021 ini, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surakarta masih menemukan cacing hati sekitar 30 ekor dari hewan kurban yang disembelih. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veterinary, Evi Nur Wulandari menyampaikan meski masih ada temuan penyakit cacing hati, namun jumlahnya kini menurun dibanding tahun lalu mencapai 324 ekor.

"Jadi untuk kesehatan hewan ini dibandingkan dari tahun 2020 kemarin, ini lebih banyak disehatnya. Maksude seng hati, (tahun lalu) itu ditemukan pada 324 ekor sapi. Tapi pada tahun ini hanya sekitar 20-30 ekor saja. Begitulah pada penyakit-penyakit lain," jelasnya saat ditemui RRI di kantornya, Jumat (23/07/21).

Terlebih pihaknya selalu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada takmir masjid dan peternak agar selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya.

“Jadi dari peternak maupun penjual hewan kurban, itu sudah banyak berbenah banyak yang mengerti untuk menjaga hewan ternaknya supaya sehat. Ya mungkin ada semacam pesan kepada peternak untuk memberikan obat cacing secara rutin,” jelasnya.

Sementara, Medic Veterinary UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surakarta, Ardit Firmansyah mengungkapkan pada penyembelihan di RPH, pihaknya menemukan 5 ekor sapi yang menderita cacing hati dari total 61 ekor sapi. Meski secara umum, semua sapi yang disembelih terlihat sehat dan setelah dipotong, petugas langsung memisahkan organ hati yang terkontaminasi cacing itu.

“Selama 2 hari ini dihari pertama ada 29 ekor kedua 32 ekor total 61 ekor sapi yang kita potong. untuk temuan penyakit kita ada temuan cacing hati 2 ekor di hari pertama, kemudian di hari kedua ada 3 organ hati yang terdampak cacing. jadi, organ-organ yang ada cacing hatinya itu kita akfir, karena tidak layak konsumsi,” jelasnya.

Menurut Ardhit, penyakit cacing hati sering dijumpai pada hewan ternak saat disembelih karena pemberian pakan yang kurang bersih.

Sementara, hingga Kamis (22/07/21), Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surakarta telah memeriksa 2.571 sapi, 3.876 kambing, dan 383 domba, hanya terdapat sekitar 30 ekor sapi yang tekena penyakit cacing hati. (Soufi Asegaf/Murni)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00