Aktualisasikan Nilai Luhur Pancasila Lewat Seminar Merajut Kebhinekaan

KBRN, Surakarta : Aktualiasi nilai luhur Pancasila  kembali  dimunculkan pada Seminar Nasional “Merajut Kebhinnekaan pada Nilai-nilai Pancasila Guna Mewujudkan Kota Solo yang Aman dan Kondusif” di salah satu hotel, Rabu (16/6/2021). Kegiatan tersebut diprakarsai Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka peringatan Hari lahir Pancasila.

Sebagai pembicara kunci, Wakasat Intel Polresta Surakarta AKP Ngafifudin Muhtar Fawaid, SPd menyatakan, di tengah maraknya media sosial, ternyata masyarakat  belum mampu tranformasi teknologi informasi secara baik. Sehingga yang terjadi akhirnya rasa penghargaan terhadap perbedaan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika  menjadi kurang , yang marak justru saling serang.

“Tapi kan sekarang banyak hoax-hoax,  yang netizen-netizen itu lihat isine nek ora kadrun yo cebong, lho loro thok. Wong kat ndek ben ngono terus ora ngrubah ubah pola pikire 01 -02. Wong pak Jokowi karo pak Prabowo rukun sing ngisor isih padu. Itu kan berarti kenapa seperti itu akibat belum siap bertransformasi dengan teknologi,” ungkapnya.

Muhtar Fawaid berharap pelajaran yang memuat materi khusus tentang Pancasila dihidupkan kembali. Pasalnya anak-anak sekarang, bahkan ada pejabat yang tidak hafal Pancasila, apalagi mengamalkan nilai Pancasila.

Sementara mewakili Forum Komunikasi antar Umat Beragama Kota Surakarta Dr. Al Munawar menyatakan, Forum Lintas Agama sudah terbentuk di setiap Kecamatan bahkan tiap ranting atau kelurahan . Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota untuk mewujudkan kerukunan umat beragama juga sudah maksimal, bahkan saat ini juga sudah berdiri devisi mediasi dan fasilitasi FKUB.

“Ini betapa perhatian kita semuanya terhadap Kota Surakarta agar kondusif. dening sudah dibuat seperti itu akeh sing usreg, isih akeh konflik dan sebgainya ini memang Kota Surakarta Kota yang dinamis, bukan Kota konflik,” kata Munawar.

Dua nara sumber lain yang tampil dalam kegiatan tersebut :  Kasi Intel Korem 074 Warastratama Letkol Kav Irwan Darno dan mewakili pemuda H. Sholahudin Aly, SH dari Pimpinan Wilayah Anshor Jawa Tengah.

( Wiwid Widha )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00