FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Pemulihan Ekonomi Jadi PR Terberat Gibran-Teguh, Peringatan 75 Tahun Pemkot Surakarta

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyerahkan SK dan Pensiunan kepada mantan Walikota FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo, di balaikota Surakarta. Dok Humprot

KBRN Surakarta: Peningkatan pelayanan publik, Vaksinasi dan percepatan pemulihan ekonomi menjadi tantangan Pemerintah Kota Surakarta dalam usia yang ke 75 tahun. Tantangan ini disampaikan Walikota Gibran Rakabuming saat menjadi pembina upacara dalam Hari jadi Pemkot Surakarta ke 75 di halaman Balaikota Rabu (16/6/2021).

Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Surakarta ke 75 masih dalam suasana keprihatinan. Pemkot tidak menggelar event-event besar untuk memeriahkan ulang tahun tata kelola pemerintahaan, dari Kerajaan menjadi Pemerintah Kota Surakarta itu. 

Pucak hari jadi dilaksanakan upacara dengan peserta terbatas di halaman Balaikota Surakarta. Bertindak sebagai pembina upcara Walikota Gibran Rakabuming. 

Upacara diikuti pejabat struktural dan dihadiri jajaran Muspida, Muspida Koordinator Pemkot Surakarta. Selain itu turut hadir mantan Walikota-Wakil Walikota Solo periode 2016-2021 FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. 

Sebelumnya jajaran Pemkot juga melakukan ziarah ke pusara makam-makam mantan Walikota Solo. Sementara malam ini akan ada pentas ketoprak bersama jajaran Bank Jateng dan Pimpinan OPD Kota Surakarta di Taman Balekambang dengan Lakon Gagak Sela.

Dalam amanat pembina upacara Gibran menyampaikan, pemulihan ekonomi menjadi tantangan Pemkot Surakarta. Karena upaya pemulihan ekonomi dengan kebut vaksinasi banyak kendala. Tak sedikit warga yang diprioritaskan malah tidak bersedia. Selain itu masyarakat abai dalam melaksnaakan protokol kesehatan.

"Kita harus terus sosialisasi agar masyarakat mau divaksin dan mematuhi prokes. Karena masih banyak warga yang takut divaksin dan abai terhadap Prokes ketika sudah divaksin," tandasnya.

Selain percepatan vaksinasi Pemkot juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Hal ini menjadi percepatan ekonomi. Ada sejumlah proyek infrastruktur yang direncanakan tahun ini. 

Salahsatunya Mega proyek elevated rail (rel Layang) Joglo. Sebagai solusi atas kemacetan di simpang 7 Joglo. Kemudian pembangunan taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan.

"Pembangunan GOR Indor Manahan dan penyempurnaan fly over Purwosari. Dan pembangunan Masjid Sheikh Zayed Abudabi."

Seusai upacara Mantan Walikota-Wakil Walikota FX Rudy-Purnomo menerima SK Pemberhentian dan Pensiun dari Kementrian Dalam Negeri. Dalam Kesempatan itu Rudy berpesan agar Pemkot memberikan pelayanan warga lebih baik dari era kepemimpinannya.

"Terimakasih ini dapat SK pemberhentian dan SK pensiun dari Kemendagri. Terimakasih. Harapan kami pelayanan lebih baik dari saya dan pak Pur. Harapannya pulihkan ekonomi dan percepatan vaksinasi," pinta Rudy.

Senada mantan Wakil Walikota Purnomo juga mengajak semua masyarakat agar tetap patuh dengan imbauan pemerintah untuk melaksanakan Prokes. Menurutnya kasus terus naik, sehingga warga harus mendukung pemerintah agar wabah ini segera terkondisi. 

"Kita bersyukur Pemkot Surakarta berusia 75 tahun. Saya hanya berpesan kepada masyarakat agar patuh prokes. Rasa-rasanya Pandemi tidak mereda jadi Prokes harus dijalankan."  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00