Khawatir Dampak Bermain Gadget, Bhabinkamtibmas Polres Klaten Dirikan Perpustakaan Keliling

KBRN. Klaten : Sosok Bhabinkamtibmas Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten  yang bernama Aiptu Setyo Widiantoro mempunyai cara  tersendiri untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat yakni dengan mendirikan perpustakaan. Sudah berjalan kurang lebih lima bulan terakhir perpustakaan tersebut didirikan dengan memanfaatkan bekas rumah dinas bidan desa yang sudah tidak ditempati lagi.

Selain perpustakaan istasioner, Aitu Widiantoro  membawa buku-buku secara keliling dari kampung ke kampung  dengan kendaraan dinas Kepolisian Polres Klaten  yang dimodifikasi dengan diberi box (seperti penjual roti) di bagian belakang.

Ia menuturkan inovasi perpustakaan tersebut merupakan bagian dari kekhawatirannya akibat pandemi covid  para siswa lebih banyak bermain gema atau gadget.

“ Saya prihatin saat pendemi covid sekarang ini. Anak-anak yang banyak waktu luangnya tidak dipakai dengan semestinya. Sehingga dia terlalu banyak bermain  terutama HP, ” ungkapnya kepada RRI Minggu (13/06/2021).

Widiantoro berpendapat,  mereka akan banyak lupa waktu sehinga akan dapat mempengaruhi psikologis atau kejiwaannnya.

Sebagai upaya mengalihkan perhatian si anak tersebut dengan membuat perpustakaan keliling dengan nama door to door literasi. Sedangkan perpustakaan permanen diberi nama pojok literasi.

“Door to door literasi akan mendukung door to door program sebagai seorang Babhinkamtibmas," imbuhnya.

Dia mengatakan banyak respon positif dari para siswa untuk memanfaatkan perpustakaan tesebut, bahkan banyak pesanan dari para ibu tentang buku-buku  yang lain seperti masak-memasak maupun buku pertanian. Di tempat itu sudah terdapat lebih dua ratusan buku yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Fani salah seorang pengunjung kelas 6 SD, mengaku senang adanya perpustaan itu.

“Susah kalaudaring. Sering baca di perpustakaan ini. Rasanya gimana bisa belajar disini...seneng," ungkapnya.

Sedangkan Camat Manisrenggo Raharjo Budi memberikan apresiasi  terhadap kiprah salah seorang Bhabinkabtimas tersebut. Ia mengatakan untuk mendukung kegiatan itu perlu danya kerjasama dengan korwil pendidikan.

"Buku-buku yang dibutuhkan tentunya cukup banyak dan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat," kata Raharjo Budi.   

(Adam Sutanto/ WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00