Optimalkan Google Map, FE UVBN Sukoharjo Melatih UMKM di Shelter Kuliner Taman Sriwedari Surakarta

KBRN Surakarta : Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (FE UVBN) menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat(PKM) dengan tema “Optimalisasi Aplikasi Google Map sebagai Alternatif Media Promosi”.

Kegiatan ini ditujukan kepada UMKM di Shelter kuliner di taman sriwedari, Surakarta bakal berlangsung selama tiga bulan, yaitu bulan April lalu sampai dengan Juni 2021.

Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut terdiri dari Yoppi Syahrial, S.E., M.M., Salman Faris Insani, S.E, M.M.,dan Ardian Prima Putra, S.E.,M.M.

Disamping itu, kegiatan ini melibatkan dua orang mahasiswa FE UVBN, yaitu Rheysitta Dyah Arfiani dan Henda Dita Herlaningsih.

Shelter kuliner di taman sriwedari merupakan salah satu diantara 25 shelter kuliner binaan Pemkot Surakarta berlokasi di belakang taman sriwedari dan ditempati oleh UMKM gerobak kuning yang semula mangkal di kawasan city walk Jalan Slamet Riyadi.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh Tim PKM, diperoleh informasi bahwa saat ini terdapat UMKM yang masih mengalami keterbatasan dalam hal pengetahuan pemasaran dan strategi promosi.

Hal ini ditandai oleh terbatasnya alternatif media promosi yang digunakan saat ini. Kondisi ini, membuka peluang bagi tim PKM untuk memberikan pendampingan melalui optimalisasi teknologi informasi berbasis google map, sebagai solusi alternatif media promosi pada UMKM di shelter kuliner taman sriwedari.

Anggota Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Yoppi Syahrial, S.E., M.M., menyampaikan, Google Maps sendiri merupakan produk Google yang dapat menampilkan titik lokasi berbasis peta.

“ Teknologi ini menghadirkan aplikasi peta digital yang dibekali fitur berlimpah, seperti, menyetel, mengedit, menemukan, dan memasang pin pada rute kealamat rumah atau kantor,” ungkap Yoppi dalam rilis yang diterima RRI, Senin (14/06/2021).

Salman Faris Insani, S.E, M.M., Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat bertutur, tujuan dari kegiatan ini adalah dihasilkannya luaran berupa kepemilikan akun google map yang telah dioptimalisasi sebagai solusi alternatif media promosi.

“Kami berharap teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh mitra UMKM untuk memperkenalkan lokasi usaha mereka agar lebih mudah dijangkau dan dikenal oleh masyarakat,” ujar Salman Faris Insani.

Sementara, Ardian Prima Putra, S.E.,M.M., Dosen sekaligus Anggota tim menambahkan, untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini terbagi menjadi dua agenda, pra-kegiatan, yaitu sosialisasi awal mengenai manfaat aplikasi google map sebagai alternatif media promosi.

“Kegiatan inti berupa penyuluhan dan pelatihan praktik p e m b u a t a n, pengoptimalan, d a n p e n g e l o l a n aplikasi google map menggunakan media belajar smartphone android yang terkoneksi jaringan internet,” katanya.

Rheysitta Dyah Arfiani, mahasiswa FE UVBN menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat.

“ Ya, bagi saya kegiatan itu sangat bermafaat karena mampu menambah wawasan terkait pemanfaatan teknologi google map bagi UMKM,” tandasnya. 

”Kami jadi paham mengenai tahapan teknis yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut,” ujar Henda Dita Herlaningsih mahasisiswi FE lainnya.

Marzana, salah satu UMKM yang dilibatkan sebagai peserta dalam kegiatan tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang diberikan.

“Sekarang saya jadi tahu cara memanfaatkan aplikasi google map dan menghubungkannya dengan media social untuk mempromosikan warung siomay saya,” tukasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00