FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Lolos Penyekatan, Pemudik Asal Solo Malah Positif Covid-19, Dua Diisolasi

Ilustrasi foto kedatangan pemudik di Terminal Tirtonadi Solo. Dok RRI.

KBRN, Surakarta: Lima orang pemudik asal Kecamatan Serengan, Solo, lolos dari penyakatan petugas saat pulang menuju kampung halamannya. Namun sesampainya di rumah mereka langsung dijemput Satgas Jogo Tonggo Kecamatan Serengan untuk dikarantina di Solo Technopark. 

Namun setelah menjalani screening awal dan uji swab antigen, dua dari lima pemudik itu diketahui reaktif. Kemudian tiga lainnya harus isolasi lima hari di STP.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, lima orang pemudik yang lolos penyekatan dan di kampung halaman, Kamis (6/5/2021). Mereka satu keluarga naik kendaraan umum dari Tangerang. 

"Lima orang datang dari Pamulang Tangerang naik bus umum. Dia lolos penyekatan," kata Ahyani, Jum'at (7/5/2021).

Lanjut Ahyani, mereka lantas dijemput Satgas Jogo Tonggo di-screening dua orang reaktif. Salah satu di antaranya bergejala sehingga harus dirujuk ke rumah sakit (RS) dan satu lainnya dibawa ke Asrama Haji Donohudan. Ahyani pun mengapresiasi kinerja Satgas Jogo Tonggo itu, yang efektif dan berani melaporkan setiap pendatang.

“Jaga Tangga terbukti efektif. Penyekatan tidak efektif sama sekali. Mereka tiba di Solo kemarin, Jaga Tangga melapor, lalu dibawa ke STP. Pas di sana swab antigen untuk screening, dan hasilnya positif. Langsung saja dibawa Donohudan dan RS,” kata dia.

Sementara Camat Serengan Solo Agung Wijayanto menyampaikan, mendapatkan laporan Satgas Jogo Tonggo RW 08 Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan. Pada hari Selasa sekitar pukul 16.00 wilayah RT 03 RW 08 Kelurahan Serengan kedatangan pemudik asal Pamulang Tangerang sejumlah 5 orang.

Menurut hasil informasi dari posko jogo Tonggo dilaporkan bahwa kehadiran para pemudik menggunakan transportasi bus turun diterminal Tirtonadi. Kemudian naik angkutan aplikasi online menuju lokasi rumah.

"Kedatangan mereka pada awalnya memang belum diketahui dari satgas jogo Tonggo, namun dari laporan warga kepada satgas Jogo Tonggo akhirnya di tindak lanjuti dengan pendataan kepada para pemudik," ungkapnya.

Dikarenakan para pemudik tidak memenuhi syarat aturan mudik yang diwajibkan untuk membawa surat sehat, akhirnya para pemudik pada hari Kamis, tanggal 6 Mei 2021 pada pukul 16.00 wib dijemput oleh satgas covid kelurahan untuk diantar melakukan test kesehatan di Solo Technopark.

"Untuk selebihnya penanganan para pemudik di tangani oleh gugus Covid-19 Kota Surakarta," beber Agung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00