FOKUS: #PPKM MIKRO

H-1 Pelarangan Mudik, Terminal Tirtonadi Solo Malah Sepi

KBRN Surakarta: Terminal Tirtonadi Solo menjelang diberlakukan pelarangan mudik Lebaran mulai 6 hingga 17 Mei 2021 malah lengang. Tidak terjadi lonjakan penumpang yang siginifikan dari luar kota.

Pantauan RRI Rabu (5/5/2021) di pintu masuk juga di ruang tunggu Terminal Tirtonadi Solo hanya lalu lalang penumpang Yogya, Semarang, Wonogiri dan Karanganyar. 

Komandan Regu Lalu lintas Regu A Dishub Kota Surakarta Susilo Wardani mengungkapkan, arus penumpang diprediksi puncak awal jelang diberlakukan pelarangan mudik mulai besuk belum terjadi di Terminal Tirtonadi Solo justru landai jika dibandingkan kemarin.

"Dari data bus dan penumpang mulai pukul 23.00 – siang ini hanya ada 335 bus dengan penumpang 1051 orang yang masuk. Lebih sedikit dibanding kemarin sebanyak 2.113 dengan bus 655 armada dan Penumpang berangkat 2.172 serta 543 bus," jelasnya.

Sementara itu di Stasiun Purwosari Solo juga tidak terjadi lonjakan penumpang yang datang dan berangkat. Wakil Kepala Stasiun Purwosari Solo Ery Triyadi mengakui terjadi peningkatan 3 hari terakhir meski tidak signifikan. 

Rata rata penumpang berangkat dan datang sekitar 300 orang sedangkan untuk hari ini hanya 250 penumpang. Untuk pemudik hari ini tidak ada lonjakan menjelang adanya pelarangan mulai besuk. 

"Justru tiga hari kemarin terjadi peningkatan meski tidak signifikan perhari penumpang yang datang dan berangkat 300 orang sedangkan hari ini 250 penumpang," ujarnya.

Dikatakan Ery Triyadi jumlah penumpang yang datang di Stasiun Purwosari didominasi dari arah Jakarta dengan Kereta Api Bengawan, dan Bandung yakni dengan Kereta Api Kahuripan. 

Meski besuk peniadaan mudik namun KAI Masih menjalankan Angkutan Kereta api Non mudik untuk kepentingan yang mendesak dengan syarat seperti Instansi pemerintah ASN,TNI POLRI namun dengan syarat Surat izin dari atasan. Siti/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00