FOKUS: #PPKM MIKRO

Pemudik ke Sragen Langsung Swab Antigen, Positif Karantina di Technopark

Petugas kesehatan melakukan swab antigen kepada petugas PAM Lilin Candi 2021 di Mapolres Sragen.

KBRN, Sragen: Operasi Lilin Candi 2021 mulai berlangsung. Prioritas dari operasi ini adalah menekan penyebaran covid-19. Oleh karena itu pos yang didirikan di tujuh titik Kabupaten Sragen semuanya didukung oleh TNI dan Satgas Covid-19 Kabupaten. 

Petugas dari Dinas Kesehatan akan melakukan swab antigen secara masiv terhadap para pemudik yang lolos dari penyekatan. 

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Mapolres mengatakan, semangat Polri sesuai imbauan Polda Jateng. Bukan berapa banyak pemudik yang diputar balikkan.

"Tetapi memprioritaskan upaya menekan Covid-19 tidak menyebar dengan cepat pada Lebaran ini," tegas Yuswanto Ardi, Rabu (5/5/2021).

Tindakan yang dilakukan menurut Ardi, ketika ada pengendara menuju daerah Sragen tentunya akan dikomunikasikan dengan Petugas Satgas di wilayah. Kemudian pemudik yang tiba di daerah Sragen langsung diswab antigen.

"Manakala yang bersangkutan tidak punya surat bebas covid dari daerah asal, terlebih belum dilakukan vaksinasi langsung di swab," jelasnya.

Kapolres juga meminta satgas Jogo Tonggo melaporkan kepada perangkat desa terdekat manakala ada pemudik sehingga penyabaran Covid-19 bisa diminimalisir. 

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat Sragen membantu kerjasama sesuai cita cita kita mengamankan Sragen dari Covid-19. Apabila ada pendatang baru dari daerah tingkat Covid-19 tinggi seperti ibukota Jakarta dan Surabaya langsung diswab," ujarnya.

Dalam Operasi Lilin Candi ini ada 7 titik pos penyekatan, diantaraya Mantingan perbatasan Jateng-Jatim, Exit Tol Pungkruk, Simpang Gemolong termasuk rest area arah Surabaya maupun sebaliknya. 

Terpisah Kepala DKK Sragen dr Hargiyanto mengatakan siap melaksanakan swab antigen kepada setiap pemudik. Mereka yang sudah telanjur pulang tidak mungkin dikembalikan ke perantauan. Sehingga antisipasi penularan harus diswab.

"Untuk mengantisipasinya semua pemudik akan kita Swab antigen. Karena kan tidak mungkin yang sudah sampai sini kita kembalikan malah jadi masalah lagi nanti," katanya.

Hargiyanto menerangkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan camat dan kepala puskesmas terkait mekanisme Swab pemudik. Lanjutnya pemudik yang datang akan dilaporkan ke perangkat, kemudian perangkat akan mengkarantina pendatang. 

Jikalau tidak bersedia maka akan diswab. Apabila hasil Swab positif dikarantina di Technopark.

"Ya kalau bisa bagi pemudik yang belum pulang ya jangan pulang nanti akan menjadi beban yang dikunjungi juga," tukasnya.

Sementara itu semua personil yang akan melaksanakan operasi Lilin Candi 2021 dilakukan Swab Antigen. Mereka dipastikan bebas Covid-19 sebelum memeriksa pemudik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00