FOKUS: #SRIWIJAYA AIR

KRL Solo Jogja Hari Ini Mulai Ujicoba Terbatas, 1 Februari Akan Layani Masyarakat

Rangkaian KRL siap dijalankan dari stasiun Klaten untuk uji coba terbatas.

KBRN, Surakarta: Kereta Rel Listrik komuter yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia rute Solo - Yogya akan segera diujicobakan. Uji coba untuk masyarakat umum mulai tanggal 1 hingga 7 Februari 2021.

Sedangkan ujicoba secara terbatas dilakukan mulai hari ini Rabu 20 Januari, hingga akhir bulan. Uji coba terbatas melibatkan Instansi pemerintah dan sejumlah mitra kerja.

Pantauan RRI Rabu (20/1/2021) di dua rangkaian KRL yang biasanya terparkir di Stasiun Klaten mulai dijalankan. Seperti perjalanan rangkaian KRL menuju Jogjakarta pada pukul 08.12 WIB. Hanya ada beberapa petugas nampak ada di dalam KRL tersebut. 

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia KCI Wiwik Widayanti pada acara Webinar, bertajuk Hadirnya KRL Solo – Yogya, mengungkpkan dengan Uji coba tersebut masyarakat dapat mengetahui bagaimana pelayanan di dalam KRL.

"Dirjen Perkeretaapian  menentukan tarif sebesar 1 rupiah, untuk KRL Yogya – Solo saat uji coba. Sementara untuk tarif normal sama dengan KA prameks yakni Rp 8.000," bebernya Selasa (19/1/2021).                              

Lebih lanjut Wiwik menambahkan panjang jaringan KRL Solo - Yogya kurang lebih 60 Kilometer. Sementara total perjalanan sebanyak 20 perjalanan per hari dengan waktu tempuh sekitar 58 menit. 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya memaparkan, untuk pembangunan proyek KRL hampir selesai. Proyek tersebut menelan  dana sebesar Rp 1,2 trilyun dengan jangka waktu 2 tahun, 2019 hingga 2021.

"Untuk stasiun operasional pada rute tersebut sebanyak 11 Stasiun yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan," jelasnya.

Untuk tiket pada KRL nantinya menggunakan kartu Multi Trip KMT, Commuter pay dan uang elektronik bank. Selain itu penumpang dapat melakukan pembayaran melalui QR Code. Bahkan pengguna ponsel android dapat menggunakan fitur NFC untuk melakukan pengecekan KMT melalui aplikasi KRL access.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00