Pemkab Klaten Dorong Desa Wisata

KBRN, Klaten : Desa Wisata Bugisan di Prambanan Klaten kini sedang menjadi perhatian banyak pihak terutama pemerintah Kabupaten Klaten.Pasalnya desa tersebut masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

Kepala Desa Bugisan Heru Nugroho kepada wartawan mengatakan daya tarik utama dari Desa wisata Bugisan adalah Candi Kembar  atau Candi Plaosan. Selain itu desa ini juga terdapat berbagai potensi yang menarik  baik seni budaya, kuliner maupun UMKM.

“Kita inovasi di sekeliling Candi Plaosan ini terdapat kampung budaya. Seni budaya yang kita punya masuk dalam kampung budaya. Kalau ada wisata yang hadir di candi Plaosan  bisa menikmati  seninya atau kulinernya," ungkap Heru Nugroho Sabtu (2/7/2022).

Dia menyebut berbagai potensi  untuk mendukung wisata tersebut antara lain kuliner  yang menjadi ciri khasnya adalah sego liwet, alat musik pring sedapur atau alat musik yang seluruhnya terbuat dari bambu, UMKM ekoprint,serta pengolahan sampah.

Sementara sebelumnya Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayah itu termasuk Desa wisata. Keberadaan desa Wisata sangat menunjang perekonomian masyarakat  dan pemerintah siap untuk memberikan pembinaan.

“Jadi semua tergantung kepala desa, Pokdarwis dan masyarakatnya. Kami dari pemerintah siap untuk memberikan pembinaan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Klaten Sri Nugroho menyebut, jumlah desa wisata di Kabupaten Klaten cukup banyak dan yang sudah mendapatkan SK Bupati sebanyak 17 Desa.  Adam Sutanto/arga

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar