Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Lomba Feature News Kusala Jurnalistik 2022

Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Lomba Feature News Kusala Jurnalistik 2022.

KBRN, Surakarta: Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dari rilisnya, kali ini mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS, Sabila Soraya Dewi berhasil meraih juara 2 Lomba Feature News Kusala Jurnalistik 2022.

Lomba Kusala Jurnalistik 2022 tersebut diselenggarakan oleh LPM Dinamika UIN Sumatera Utara yang memiliki 2 cabang lomba, yaitu feature news dengan tema Dinamika Perjuangan Perempuan dalam Menghadapi Kekerasan Seksual dan fotografi dengan tema Human Interest.

Mahasiswa yang biasa disapa Sabila ini mengaku mengetahui lomba tersebut dari UKM yang diikutinya, yaitu LPM Kentingan. Saat itu ada tawaran pendelegasian anggota untuk menjadi peserta Lomba Kusala Jurnalistik 2022.

“Alasan paling dasar aku mantap untuk mengikuti lomba ini adalah karena aku sangat concen dengan isu gender, terutama kekerasan seksual. Berbekal motivasi tersebut, aku akhirnya memutuskan untuk mendaftar,” ujar Sabila, Kamis (19/5/2022). 

Dalam mengikuti lomba tersebut, Sabila menyampaikan bahwa ia sangat menikmati dalam menulis feature news. Terlebih dalam proses wawancara, yang mana sangat membuka pengetahuannya mengenai sulitnya mendapat keadilan untuk korban kekerasan seksual. Namun, Sabila masih merasa kesulitan dalam proses brainstorming. 

“Karena kekerasan seksual di lingkungan pendidikan itu cakupan bahasannya sangat luas dan bisa diambil dari berbagai aspek, awalnya aku bingung bagaimana caranya aku menjaga agar tulisanku itu tetap menjadi feature news dan tidak melebar menjadi opini, karena aku rasa struktur dan fokus tulisan itu sangat penting. Kesulitan lainnya ada pada pengolahan data menjadi tulisan. Aku merasa bahasan ini sangat sensitif, jadi aku sangat hati-hati dalam memilah mana data yang bisa dimasukkan ke tulisan dan mana yang tidak,” jelasnya.

Dari kesulitan yang dialami, Sabila merasa sangat senang tulisan feature news miliknya tersebut bisa diapresiasi, bahkan berhasil memenangkan juara 2. Kemenangan tersebut dijadikan Sabila sebagai motivasi untuk kedepannya supaya lebih banyak menulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca, terutama dalam menaikkan kesadaran mengenai isu gender dan kekerasan seksual.

“Menurutku menulis adalah menginspirasi. Setelah aku membaca suatu tulisan, baik itu artikel ilmiah, berita, opini, maupun fiksi, aku selalu terinspirasi untuk mengubah cara pandang, menjadi lebih kreatif, dan menerima perspektif baru. Saat aku menulis pun, aku selalu menulis dengan harapan agar orang yang membaca bisa terinspirasi dan memetik sesuatu dari tulisanku,” pungkasnya. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar