FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Pengelola Perahu Wisata Keluhkan Enceng Gondok Penuhi Rowo Jombor Klaten

KBRN,Klaten: Pemandangan obyek wisata air Rowo Jombor Klaten mulai tak sedap dipandang mata. Meskipun pernah dilakukan pembersihan secara besar-besaran oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, namun tumbuhan enceng gondok kini mulai merebak di RowoJombor.

Bahkan lambat laun Rowo Jombor mulai dipenuhi enceng gondok lagi. Kondisi ini mengganggu pemandangan hamparan air bagi para wisatawan.

Ketua Paguyuban Perahu Gethek Rowo Jombor Sutomo mengatakan, sekarang ini tumbuhan liar enceng gondok sudah mencapai 20 persen dari luasan Rowo Jombor sekitar 187 hektar. Keberadaan enceng gondok tersebut cukup mengganggu perjalanan perahu wisata.

“Untuk sat ini enceng gondok masih mengganggu keberadaan Perahu Wisata. Misalnya enceng gondok begerak ke arah barat otomatis perahu tidak dapat beroperasi,” ungkap Sutomo kepada RRI Sabtu, (22/1/2022).

Pihaknya berharap ada gotong royong masal untuk pembersihan enceng gondok di obyek tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten Sri Nugroho mengatakan, untuk membersihkan enceng gondok itu tidak hanya tanggung jawab satu OPD saja akan tetapi perlu keterlibatan OPD lain.

Dirinya juga sudah melakukan komunikasi dengan sekolah sungai terkait dengan pembersihan enceng gondok di Rowo Jombor tersebut termasuk dengan BBWS Bengawan Solo.

“Kemarin kita sudah komunikasi dengan sekolah sungai termasuk hari Minggu akan dilakukan launching Jogo Rowo. Setelah dilaunching oleh Gubernur sekalaigus bergerak untuk membersihkan enceng gondok,” jelas Sri Nugroho.

Ditambahkan Sri Nugroho, dengan pembersihan eceng gondok itu tentu akan semakin menambah keindahan obyek wisata tersebut. Harapannya masyarakat semakin menikmati kindahan dan kenyamanan obyek wisata yang dikelilingi perbukitan itu. Adam/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar