500 Lebih Payung Dipamerkan di Acara Festival Payung Indonesia 2021

Foto: Antara

KBRN, Surakarta: 500 lebih payung dengan berbagai motif dipamerkan pada acara Festival Payung Indonesia 2021 di Taman Balekambang Surakarta. Acara dibuka secara simbolis oleh wakil Wali kota Surakarta, Teguh Prakosa didampingi wakil wali kota Bengkulu, perwakilan Kementerian Dinas Pariwisata dan perwakilan kreator acara Festival Payung Indonesia 2021, Jumat (3 Des 2021) dengan menyipratkan malam pada lukisan batik diatas payung besar dan megah. Dalam sambutannya, Teguh mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Payung Indonesia tahun 2021.

"Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya Festival Payung Indonesia 2021," ungkap Teguh.

Sehingga dengan adanya acara tersebut, Teguh berharap dapat membantu perkembangan dan pemulihan ekonomi kreatif pada sejumlah bidang terutama sektor pariwisata.

“Pemerintah Surakarta sangat memperhatikan terhadap perkembangan dan pemulihan ekonomi kreatif pada sejumlah bidang terutama bidang pariwisata,” jelasnya.

Senada, Direktur Program Festival Payung Indonesia 2021 Heru Mataya mengatakan festival yang menampilkan berbagai seni kreasi payung tersebut untuk melestarikan kerajinan payung tradisional nusantara. Sekaligus sebagai upaya mendongkrak pelaku industri kreatif payung dan penggiat seni lainnya.

“Salah satu upaya kita di masa pandemi ini dapat terus bangkit. Ini juga menjadi sesuatu yang menarik, karena membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat Solo juga. artinya kondisi pasar juga bergeliat, karena mereka menginap di kota solo, kuliner di kota solo, dan itu menjadikan kegiatan ini punya manfaat gitu,” jelas Heru.

Acara Festival Payung Indonesia berlangsung pada tanggal 3-5 Desember 2021 dengan mengusung tema “This Too, Shall Pass” dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai daerah. Seperti perwakilan dari Aceh, Bengkulu, Papua dan daerah lainnya. Acara Festival Payung Indonesia diselenggarakan secara hybird dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar