Anggota MPR/DPR RI Aria Bima Ajak Karang Taruna MenjadiPembumi Pancasila di Era Kekinian.

KBRN, Surakarta : Pancasila adalah rumah bersama. Menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat Indonesia , termasuk Karang Taruna untuk menjaga agar Pancasila sebagai ideologi bangsa, tetap tegak, selama NKRI berdiri kokoh. Bahkan Karang Taruna bisa berperan serta menjadi pembumi Pancasila di era kekinian.

Menjadi pembicara dalam “Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan” secara virtual, Anggota MPR/DPR RI Aria Bima menyatakan, tantangan untuk tetap menjaga Pancasila pada era destruktif dengan munculnya media sosial, sekarang ini semakin komplek. Penggunaan hand phone pintar seharusnya menjadi alat pemersatu bangsa, namun faktanya HP malah digunakan untuk pemecah belah bangsa.

“ Karang Taruna dalam era destruktif dengan beragamnya media sosial harus semakin banyak berkreasi secara virtual untuk membumikan Pancasila. Karang Taruna seharusnya mampu mentradisikan kehidupan yang Pancasilais dengan lebih smart, kreatif, dinamis dan tertata dalam konteks sekarang, “ tegas politisi PDI Perjuangan Aria Bima dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diikuti peserta dari unsur Karang Taruna Kota Surakarta secara virtual di Rumah Makan Adem Ayem, Minggu (28/2/2021 ).

Aria Bima yang sekarang dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini lebih lanjut berharap, agar anggota Karang Taruna mampu menjadi garda depan untuk mengajak anak-anak muda menguatkan kemampuan literasi media. Sehingga generasi muda mampu mencerna infomasi yang berkembang melalui medsos, bisa membedakan info tersebut benar atau hanya hoax, informasi yang edukatif atau hanya berisi kontain-kontain yang tidak mendidik.

“ Saya pinginnya bisa menjembatani agar dengan slogan Solo the Spirit of Java, seluruh anggota Karang Taruna Solo ibaratnya memiliki rumah bersama yang bersatu membuat kegiatan yang kreatif dan mencerahkan. Dari Karang Taruna Solo bisa meng- Indonesia bahkan mendunia, “ kata wakil rakyat dari Dapil V Jawa Tengah tersebut.

Semantara pembicara yang lain Kepala Biro Detik.com Jawa tengah dan DIY Muchus Budi Rahayu menyatakan, Pancasila sebagai ideologi adalah pemersatu bangsa sejak jaman Bung Karno. Karenanya nilai-nilai dalam Pancasila harus terus menerus diulang , dibumikan dalam setiap perkataan dan tindakan semua komponen anak bangsa, termasuk Karang Taruna.

“ Soal media sosial karena ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan masa kini, maka harus diikuti tak perlu dihindari, namun disikapi sejara bijak “ ungkap Muchus.

Sosialisasi Empat pilar kebangsaan yakni : Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, yang diselenggarakan anggota MPR / DPR Aria Bima kali ini, diikuti 66 pengurus Karang Taruna Kota Surakarta mulai pengurus Kota, Kecamatan dan Kalurahan. Tujuannya agar para pengurus organisasi kepemudaan ini lebih menndalami tentang Pancasila di era kekinian. ( Wiwid Widha )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00