Gibran - Teguh Resmi menjadi Paslon wali Kota dan wakil wali Kota Surakarta Terpilih

KBRN, Surakarta : Pasangan yang diusung PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Surakarta melalui Rapat Pleno Terbuka  sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih hasil Pilwakot Surakarta 2020.

Rapat pleno terbuka tersebut digelar di salah satu hotel, Kamis (21/1/2021) , setelah KPU Surakarta   menerima surat resmi dari KPU RI bahwa tidak terdapat permohonan perselisihan  Pilwakot  Surakarta yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi  dan tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konsitusi (BRPK).  Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti menjelaskan, Sesuai dengan ketentuan paling lama 5 hari setelah surat KPU RI diterima, penetapan paslon dapat dilakukan :

“ Raat Pleno Terbuka ini sudah sesuai ketetuan setelah dipastikan tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK)   bahwa kota Surakarta tidak ada perselisihan , dan surat resmi KPU RI sudah disampaikan ke KPU Surakarta tadi malam (Rabu 20 Januari 2021 ). Maka paling  lama 5 hari KPU Surakarta harus menetakan paslon terpilih, “ jelas Nurul Sutarti.

Hasil rapat pleno tersebut secara hukum berupa Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan Paslon terpilih. Menurut Nurul Sutarti,  dalam Pilwakot Surakarat 2020, pasangan Gibran – Teguh menang telak dengan mendapatkan suara 225 ribu 451 atau 86, 54 % dari suara pemilih yang sah.

“Pada penyelengaraan Pilwakot di era pandemi membawa dampak turunnya partisipasi pemilih di Kota Surakarta hanya mencapai 70,52 % atau dibawah target KPU Pusat 77,5 % ,” kata Nurul.

Calon wali kota terpilih Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak termasuk lawan politiknya Bajo yang maju dari jalurperseorangam. Ia berharap penetapan ini menjadi moment kebangkitan daripandemi covid-19.

“Terima kasih rapat pleno berjalan lancar, KPU, Bawaslu, Kapolres, Dandim, juga pasangan nomer 2, terima kasih semua. Terimakasih untuk media, sudah mengawal  dari awal saya dan pak Teguh, ke depan kita jadi parter kerja. Mohon doa dan dukungannya kita jadikan moment kebangkitan dari pandemi covid, “ kata Gibran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00