Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Pilwakot Solo Dimulai

KBRN, Surakarta : Proses sortir dan lipat 420.321 lembar surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota – ( Pilwakot) Surakarta 2020 mulai dilakukan, Rabu (25/11/2020). Kegiatan yang berlangsung di kantor KPU tersebut melibatkan 25 warga sekitar yang sudah terbiasa melakukan tugas yang sama, serta 5 sampai 10 petugas KPU yang membantu usai jam kerja.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti menjelaskan, surat suara yang disortir tesebut dihitung dari jumlah daftar pemilih tetap 418. 283 ditambah cadangan 2,5 % untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS ) serta 2 ribu lembar untuk pemungutan suara ulang. Selama proses lipat dan sortir, petugas menaati protokol kesehatan yang sudah diatur, dengan upah 75 rupiah per lembar.Sayangnya dalam pelaksanaan  untuk sarung tangan plastik tepaksa dilepas karena membuat tangan berkeringat

“Cuci tangan sampai sini diseprot Hand Sanitazer, check suhu, mengisi daftar hadir diberi masker sarung tangan, pelindung wajah kemudian tetap terpantau, makan ndak boleh keluar masih di lingkungan KPU. Tapi tadi sarung tangan bikin keringat, makanya dilepas diberi hand sanitazert dan tissue yang harus dipakai setiap saat, “ ungkap Nurul ketikqa dikonfirmasi wartawan.

Proses sortir dan lipat surat suara ditargetkan paling  lambat selesai 30 November.2020 Jika ada yang ditemukan rusak atau tidak layak nanti semuanya dihitung dan dilaporkan ke percetakan untuk diganti  sesuai jumlah, sedangkan yang rusak kemudian dimusnahkan.

“Setelah itu mulai awal Desember 2020 dilakukan pengesetan form-form, kendatapiun sampai sekarang formulir belum datang karena keputusan KPU terkait formulir baru saja diluncurkan. Paling lambat H-1 sebelum 9 Desember 2020 semua logitstik termasuk Alat Pelindung Diri dibawa ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) kemudian didistribusikan ke seluruh TPS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00