Gibran - Teguh vs Bajo Resmi akan Bertarung dalam Pilwakot Solo 2020

KBRN, Surakarta : Dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta yakni Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, serta pasangan Bagyo Wahyono dan Supardjo Fransiscus Xaverius (Bajo) siap untuk berkompetisi. Mereka resmi  lolos sebagai peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020. Penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota tersebut diputuskan melalui Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD ) Kota Surakarta. Namun yang membedakan dengan Pilkada sebelumnya, Rapat Pleno Penetapan berlangsung secara intern, tidak mengundang pasangan calon maupun tim pemenangan.

Ketua KPUD Kota Surakarta Nurul Sutarti menyatakan,  Rapat Pleno secara intern ini merupakan keputusan KPU Pusat sesuai dengan PKPU nomer 9 tahun 2020 khususnya Pasal 68 ayat 3. Meskipun secara internal, namun KPU tetap mempublish secara live streaming, sehingga masyarakat bisa melihat saat KPU membacakan berita acara dan surat keputusan.

“Jadi kami sesuai dengan arahan KPU RI. Meskipun internal ini kan sudah kami publish yang artinya masyarakat bisa melihat pada saat kami membacakan. Tadi kan juga live streaming, “ kata Nurul Sutarti kepada wartawan seusai Rapat Pleno di Kantor KPU, Rabu (23/9/2020 )

Surat Keputusan KPU Kota Surakarta  bahwa 2 pasangan calon memenuhi syarat tersebut dibuat beberapa  rangkap kemudian pada hari yang sama langsung diberikan ke paslon Gibran dan Teguh, serta PDI Perjuangan sebagai partai pengusung. Sementara untuk Bajo karena dari jalur persoarangan hanya diberikan kepada bersangkutan, disamping juga kepada Bawaslu dan untuk arsip KPU.

“ Sehingga siang hari ini  surat keputusan penetapan paslon Pilwakot kami serahkan kepada paslon, partai pengusung maupun Bawaslu. Karena Kamis 24 September 2020 KPU Kota Surakarta akan melakukan rapat pleno terbuka pengundian  nomor urut pasangan calon, “ ungkap Nurul Sutarti.

Rapat Pleno terbuka pengundian nomor dilakukan  di hotel Sunan, tetapi tetap dilakukan pembatasan sesuai protokol kesehatan covid-19. Dalam kegiatan tersebut Paslon harus hadir langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00