Bawaslu Sragen Sanggah Tuduhan DKPP, Semua Rekrutmen Panwascam Sesuai Prosedur

KBRN, Surakarta: Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melaksanakan sidang pemeriksaan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen. Sidang kode etik itu dilaksanakan di Kantor KPU Solo, Jumat (18/9/2020).

Sidang kode etik ini dugaan ketidaknetralan Bawaslu Sragen. Yakni terkait rekrutmen anggota anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang disebut masih sebagai anggota partai politik.

Ditemui di sela sidang di KPU Solo, Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetyo mengatakan, dalam pelaksanaan rekrutmen Anggota Panwascam tidak ada satu tahapan pun yang dilewati oleh yang bersangkutan. Masalah datang saat pengumuman Panwascam terpilih, ada laporan dari masyarakat.

"Walaupun selama rekrutmen ada satu formulir yang diisi ketika ada calon-calon kami tidak netral lewat bentuk tanggapan masyarkat.

 Tetapi selama tahapan itu tidak ada satu dari tanggapan yang masuk ke kami, "keluhnya.

Menurut Budi ketika ada laporan masyarakat ke Bawaslu pihaknya langsung melakukan pleno dan meminta keterangan lebih lanjut kepada yang bersangkuran Setyo Murniati. Didalam keteranan tersebut ibu Setyo Murniati bisa menunjukkan jawaban.

"Menunjukkan surat dari DPC PKB Sragen bahwa dia mengundurkan diri sejak 12 Juli 2014. Kemudian dari surat itu kami berlima rapat lagi menghitung selama proses pendaftaran itu sudah melebihi lima tahun ke belakang," tandasnya.

Budhi mengaskan, menurut regulasi UU nomor 7 atau 10 seorang Penyelenggara Pemilu tidak boleh aktif lima tahun terakhir di parpol. Berdasarkan itu Bwaslu lanjut melantik Setyo murniati sebagai Panwascam 2020.

"Intinya sudah keluar, baik dari pengurus maupun anggota PKB sejak tgl 12 Juli 2014. Tterkait hasil sidang ini nanti ada sidang lanjutan ke dua. Nanti kita menunggu undangan dari DKPP untuk melanjutkan sidang ke dua," punkas Budhi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPC PKB Sragen Mukafi Fadli juga mengatakan bahwa Setyo Murniati keluar dari PKB 2014. Ia pernah menyatakan Setyo pernah juga menjadi Caleg di pemilu 2009 lalu.

"Sudah tidak mas (bukan pengurus dan anggota) sudah 2014 mbak Murni mundur. Mundur lama dan dulu juga gak aktif. Memang kita klarifikasi banyak pihak sudah tidak aktif lama," beber anggota DPRD Jawa Tengah itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00