Pilkada Solo, PDI-P Usung Gibran-Teguh

Bakal Calon Walikota Solo dari kiri, Achmad Purnomo, Teguh Prakosa, Gibran Rakabuming Raka dan Bagyo.

KBRN,Surakarta: Teka-teki calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo akhirnya terjawab. Pada Kamis (16/7/2020) beredar daftar rekomendasi DPP PDI Perjuangan sebagai pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota. PDI-P akan mengusung putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, serta Sekretaris DPC Teguh Prakosa.

Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo mengaku menerima undangan ke kantor DPD PDIP Jawa Tengah pada Jumat (17/7/2020). Selain dirinya Gibran dan Teguh juga menerima undangan kantor DPD PDIP untuk menerima rekomendasi.

"Yang diundang saya, Sekretaris DPC, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Teguh dan Gibran. Pak Purnomo (Achmad Purnomo, Wawali petahana) tidak diundang," kata FX.Rudyatmo saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis.

Pria yang biasa disapa Rudy ini tidak menampik, undangan yang tertuju kepada Gibran dan Teguh itu berkaitan dengan pencalonan keduanya sebagai bakal calon Wali Kota-Wawali yang akan diusung PDIP dalam Pilwakot. Meski demikian pria yang juga Walikota Solo itu tidak mau berspekulasi terkait siapa yang menerima rekomendasi DPP sebagai calon Wali Kota dan Wakilnya.

"Kira-kira yang dapat rekomendasi ya itu. Itu kan tradisi, jadi kalau pengumuman rekomendasi pasti Ketua DPC diundang. Tapi posisinya bagaimana, saya belum tahu. Saya  nggak banyak omonglah, karena kalau saya ngomong  harus dengan data otentik,” tandasnya.

Terpisah Teguh Prakosa membenarkan adanya undangan tersebut. Ia mengaku mendapat undangan selaku Sekretaris DPC dan penerima rekomendasi. Namun Teguh juga enggan membeberkan isi rekomendasi DPP.

"Dari DPC yang diundang hanya ketua, sekretaris, bendahara dan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu. Selain itu calon yang bersangkutan," tutur Teguh.

Teguh mengatakan undangan yang disampaikan padanya perihal turunnya rekomendasi dari DPP PDIP. Dari informasi yang diperolehnya, rekomendasi diumumkan secara virtual. "Jadi nanti v-con (video conference) dengan DPP," ucapnya.

Sedangkan Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran tidak banyak berkomentar terkait beredarnya daftar rekomendasi calon Walikota dan Wakil Walikota Solo. Gibran hanya meminta doa saja. "Minta doanya saja yang terbaik," kata dia. Wida/Mulato

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00