Mantan Walikota Solo : Lebih Baik Banteng Celeng Daripada Banteng Celengan, Apa Maksudnya?

Mantan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan keterangan pers di kediamannya Pucangsawit Solo.

KBRN, Surakarta: Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo geram dengan sebutan celeng yang dilontarkan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto (Pacul), bagi kader yang mendeklarasikan Ganjar Pranowo Capres 2024. Bahkan Rudy menyebutkan Banteng Celeng lebih baik dari pada Banteng Celengan.

"Dengan adanya pernyataan mas Bambang Pacul yang deklarasi capres itu celeng, saya lebih seneng jadi banteng celeng. Karena banteng celeng ini menurut saya yang tegak lurus. Jadi jangan putus asa jangan sakit hati bagi teman yang deklarasi dikatakan celeng," ungkap FX Rudy saat dijumpai di kediamannya Pucangsawit Solo, Kamis (14/10/2021).

Rudy mengambil sisi positif dari istilah celeng yang dianggap kader pembelot instruksi partai. Namun mantan Walikota Solo ini membeberkan bahwa celeng itu lari lurus ke depan, atau kader celeng tegak lurus dengan instruksi ketua umum.

"Bahkan celeng ini diambil positifnya saja, itulah yang namanya kader yang tegak lurus seperti celeng itulah kader yang sesungguhnya. Bukan yang banteng celengan. Kalau banteng celengan itu hanya berpikir bagaimana mengumpulkan pundi-pundi," ucap Rudy menyindir Bambang Pacul.

Rudy melanjutkan, bahwa banteng celeng ini  berjuang mencari suara sebanyak-banyaknya, tidak menggantungkan kepada orang lain. Dia tak ingin dukungan untuk Ganjar Pranowo maju pilpres 2024 yang lahir dari masyarakat dipermasalahkan terus.

"Tapi bagaimana mendapatkan sesuatu yang baik bagi bangsa dan negara. Sehingga saya berharap tidak perlu diperpanjang terus, dan yang deklarasi tidak hanya Ganjar kok. Mbak puan juga deklarasi. Jika ini terus diperkeruh lama-kelamaan banteng-banteng celeng ini akan deklarasi semua, karena Banteng Celeng ini adalah banteng yang tegak lurus bukan banteng celengan," jelas dia.

Untuk diketahui, Ketua DPP Bidang Pemenangan PDI-P Bambang Pacul menyebut, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Albertus Sumbogo dan kawan-kawan yang mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai celeng bukan kader banteng.

"Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apapun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan, ya celeng," tegasnya.

Polemik kemudian berbuntut panjang. Para kader membuat Barisan Celeng Berjuang. Tak hanya itu para kader senior di berbagai daerah Jateng tak terima dengan ucapan Bambang Pacul. Mereka justru siap membuat gerakan lebih besar untuk deklarasi Ganjar capres 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00