Harapan Masyarakat Situbondo Kepada Pemimpin Baru

Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani saat menuju Gedung Grahadi Surabaya untuk pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan. Jumat (26/2/2021) (Foto istimewa)

KBRN, Situbondo : Banyak harapan masyarakat Situbondo, terhadap pemimpin terpilih, Karna Suswandi-Ny.Hj.Khoirani (Karunia) yang baru saja dilantik di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Harapan masyarakat seiring dengan janji politik Karunia, salah satunya terwujudnya pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin, yang belum terkover dalam program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kami kan orang tidak mampu, rumah saja yang gedung, tapi penghasilan hanya cukup buat makan. Kalau masih harus bayar iuran BPJS Kesehatan, gak nutut," ujar salah seorang buruh angkut di pasar Mimbaan, Suharsono, kepada RRI.

Suharsono memiliki lima orang anak, yang seluruhnya masih menjadi tanggungannya. Pada awalnya, penghasilannya mampu untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Namun sejak pandemi, penghasilannya menurun drastis, hanya Rp40.000 per hari.

"Cukup buat makan saja. Makanya saya sudah lama nunggak tidak bisa membayar iuran BPJS sejak awal 2020, saat iurannya dinaikkan oleh pemerintah," ungkapnya.

Lain halnya dengan Wawan Ismunarto, warga Desa/Kecamatan  Arjasa. Sebagai petani, ia berharap pemerintahan yang membawa jargon perubahan itu, bisa memberikan subsidi pupuk yang harganya saat ini melambung. 

"Kartu Tani program pemerintah pusat itu, belum menyentuh petani yang hanya punya sepetak sawah. Terbukti, nama saya belum terdaftar di RDKK, yang menjadi syarat memperoleh pupuk bersubsidi," bebernya. 

Lain halnya dengan warga yang berada di wilayah pegunungan. Mereka berharap, pemerintahan saat ini memprioritaskan untuk membangun infrastruktur jalan di daerah terpencil, yang selama ini belum tersentuh pemerintah.

"Akses jalan di Dusun Bendusa Desa Jatisari Kecamatan Arjasa ini tanah berbatu. Kalau sudah musim hujan, licin dan berlumpur. Jalan ini dari dulu tanah dan batu, karena tidak pernah diaspal," ujar salah satu warga Desa Jatisari, Eko Julianto. 

Ia menaruh harapan besar kepada pemimpin baru, apalagi Bupati Karna Suswandi berdomisili di Desa Arjasa. Sudah semestinya memberikan perhatian terhadap pembangunan di tanah kelahirannya. 

"Selama ini perbaikan jalan kan hanya difokuskan di wilayah perkotaan. Sementara di daerah terpencil dibiarkan tanpa diperhitungkan," imbuhnya.

Diinformasikan RRI sebelumnya, Bupati Karna Suswandi bersama Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani, dalam janji politiknya akan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin yang belum terkover dalam program JKN KIS.

Pasangan pemimpin yang diusung parpol mayoritas ini, juga menjanjikan subsidi pupuk, untuk mengatasi mahalnya harga pupuk non subsidi. Termasuk akan memperbaiki distribusi pupuk bersubsidi yang belum merata. (Din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00